Published On: Rab, Sep 7th, 2016

10 Manfaat Positif Dari Donor Darah

Share This
Tags

1. Membakar Kalori

Mungkin kalian tidak menyangka bahwa melakukan donor darah dapat memberikan efek positif ini. Ya, inilah salah satu manfaat yang bisa Anda dapat jika melakukan donor darah secara rutin. Sekali melakukan donor darah, dapat membakar hingga 650 kalori.

Memang melakukan donor darah bisa membakar banyak kalori, tapi ini bukan berarti ini merupakan cara efektif bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.  Melakukan kegiatan donor darah setidaknya disarankan hanya sekitar 5-6 kali dalam setahun.

2. Memperlancar Peredaran Darah

Diet tinggi gula, merokok, gelombang radio, stress, dan kolesterol hanya beberapa penyebab aliran darah terhambat. Hal tersebut bisa mengakibatkan terjadinya penggumpalan sel darah merah dalam pembuluh darah. Aliran darah terganggu, sistem di tubuhpun menjadi terganggu semuanya.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah itu adalah dengan rutin melakukan donor darah. donor darah membantu untuk mengurangi terjadinya penggumpalan sel darah merah. Penggumpalan darah merah berkurang dapat berujung dengan lebih lancarnya aliran darah dalam tubuh.

3. Memperpanjang Umur

Mungkin tidak disadari juga oleh kebanyakan orang bahwa melakukan aktivitas donor darah secara rutin ternyata dapat memperpanjang umur seseorang. Orang yang memang sengaja melakukan aktivitas donor darah untuk alasan sosial memang lebih diuntungkan daripada orang yang melakukan donor darah dengan terpaksa atau alasan tertentu lainnya yang condong ke arah egois.

Orang yang melakukan donor darah dengan sukarela secera signifikan dapat memperpanjang usianya beberapa tahun menurut sebuah hasil studi yang pernah dilakukan di dunia. Ini menjadi sebuah pembelajaran juga bagi orang untuk mengesampingkan alasan duniawi jika ingin membantu seseorang.

4. Tubuh Memproduksi Sel Darah Merah Baru

Sudah jelas apabila kita melakukan donor darah, maka jumlah darah merah dalam tubuh pasti berkurang. Tapi Anda tidak perlu khawatir hal tersebut membahayakan kesehatan tubuh Anda. Karena tubuh kita memiliki kemampuan alami  yang hebat dimana tubuh bisa memulihkan dirinya sendiri jika tubuh mengalami gangguan kesehatan.

Terima kasih kepada Sang Pencipta karena menciptakan tubuh kita ini dengan sempurna. Ketika tubuh mengalami penurunan sel darah merah, secara otomatis tubuh akan menggantinya dengan memproduksi sel darah merah yang baru. Dengan donor darah akan memicu tubuh kita untuk segera mengisi tubuh kita dengan darah merah yang baru dan lebih segar.

5. Mengurangi Resiko Terserang Kanker

Zat besi memang memiliki peran penting dalam membantu pertumbuhan manusia. Namun seperti yang sudah banyak orang tahu, kelebihan suatu zat dalam tubuh bukanlah pertanda baik dan dapat mengakibatkan kesehatan menjadi terganggu. Dalam hal ini, kelebihan zat besi dalam tubuh ternyata dapat memicu terjadinya kanker.

Beruntunya bagi orang-orang yang secara rutin melakukan aktivitas donor darah karena mereka dapat mengurangi resiko terjadinya kanker pada tubuh. Biarpun begitu, beberap riset masih dilakukan kenapa donor darah dapat mengurangi resiko terjadinya kanker pada manusia.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti yang sudah dibahas pada point sebelumnya, kelebihan zat besi dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan. Melakukan donor darah secara rutin dapat membantu level zat besi dalam tubuh menjadi lebih stabil terutama untuk pria. Hal tersebut dapat membuat jantung menjadi lebih sehat.

Kelebihan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif merupakan penyebab utama dari berbagai masalah seperti penuaan dini, serangan jantung, dan stroke.

7. Mendeteksi Penyakit Lebih Awal

Dengan melakukan donor darah secara rutin, kita bisa mendapatkan manfaat mendeteksi resiko penyakit yang akan muncul di kemudian hari. Disini sebelum melakukan donor, kesehatan kita akan diperiksa oleh dokter. Dokter tidak akan mengizinkan orang melakukan donor jika kesehatannya tidak mendukung.

Ketika melakukan pemeriksaan kesehatan tersebut, dokter akan memberitahu kemungkinan penyakit apa yang dapat menyerang tubuh. Dengan mengathaui ancaman kesehatan yang akan mengancam diri, kita bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi penyakit tersebut. Jadi jika penyakit yang akan dialami termasuk penyakit yang parah, kita sudah melakukan beberapa langkah untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan.

8. Mendapatkan Keuntungan Cek Kesehatan Gratis

Setiap sebelum melakukan donor darah, kita harus melalui serangkaian tes untuk memastikan apakah tubuh kita sedang dalam kondisi fit atau tidak. Apabila tidak fit, dokter akan melarang kita untuk melakukan donor darah. Sebaliknya kita akan disuruh untuk beristirahat di rumah untuk memulihkan kondisi tubuh sebelum melakukan donor.

Cek kesehatan gratis tentunya sangat membantu bagi kita untuk mengetahui kondisi kesehatan kita, gratis tentunya. Karena jika kita ingin melakukan cek kesehatan ke rumah sakit atau klinik, biasanya kita akan dikenakan sejumlah biaya.

9. Meningkatkan Kesadaran Sosial

Semakin berkembangnya jaman, kebanyakan orang menjadi lebih memikirkan dirinya sendiri ketimbang orang lain. Hal ini membuat tingkat kesadaran sosial menjadi menurun. Kita menjadi terkesan cuek terhadap kondisi orang lain. Hal ini tentunya berlawanan dengan prinsip bahwa manusia adalah makhluk sosial.

Dengan donor darah diharapkan dapat meningkatkan kembali kesadaran sosial yang telah turun. Membantu sesama melalui sumbangan darah kita merupakan salah satu dari sekian banyak kegiatan positif yang dapat kita lakukan. Jiwa orang selamat, kesadaran sosial menjadi meningkat.

10. Bisa Menyelamatkan Hidup Seseorang

Semua orang tentunya ingin menjadi seorang pahlawan. Pahlawan disini tidak perlu sampai ikut negara berperang melawan teroris, tapi hanya cukup dengan cara sederhana yakni dengan mendonorkan sebagian darah yang kita miliki untuk orang yang memerlukan.

Bukankah menyenangkan jika kita bisa menyelematkan nyawa seseorang dengan menggunakan sebagian dari darah kita. Tidak ada hal berharga lain selain darah manusia. Melihat ekspresi bahagia dari anggota keluarga yang selamat berkat darah kita, sepertinya tidak ada kepuasaan yang bisa mengalahkan perasaan bahagia itu.

Sumber:Inpirasidaily.com

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>