Published On: Sel, Nov 28th, 2017

7 Karyawan PT BKL Bertemu Perwakilan LKS Tripatrit Kab Bengkalis

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com. Bengkalis – Perwakilan LKS (Lembaga kerjasama) Tripatrit

Perwakilan 7 Karyawan PT BKL Bertemu LKS Tripatrit Kab Bengkalis

Perwakilan 7 Karyawan PT BKL Bertemu LKS Tripatrit Kab Bengkalis

Kabupaten Bengkalis bertemu dengan perwakilan 7 pekerja PT BKL Berkat Karya Laris (PT.BKL) di salah satu kedai kopi di bengkalis membahas tentang perselisihan antara Perusahaan dan pekerja selasa 28/11/17.

Jefry Tumangkeng mewakili LKS Tripatrit Bengkalis yang melakukan dialog dengan pekerja PT BKL yang di wakili 3 pekerja, menanyakan sejauh mana penyelesaian perselisihan perusahaan dan pekerja di PT Berkat Karya Laris. Pekerja tersebut menceritakan permasalahan atau tuntutan 7 karyawan kontrak tersebut.

Deri mewakili teman-temannya mengatakan”Kami pada awal masuk kerja dijanjikan pak herman (pemilik PT.BKL) akan di jadikan karyawan tetap apabila kami bekerja lebih dari satu tahun, tiga bulan pertama masih masa magang atau terening dan masa kerja saya sudah lewat satu tahun (1 tahun 4 bulan) dan saya pun bersama teman- teman lainnya menuntut di jadikan karyawan tetap tapi pihak perusahaan ingkar janji maka dari itu kami laporkan ke Disnaker Bengkalis” kata deri yang bekerja sebagai supir mobil box

” Kalau dibilang saya tidak disiplin atau bekerja tidak sesuai peraturan saya tetap bekerja dan apabila ada barang yang saya antar ke toko-toko ada yang hilang saya yang bertanggung jawab atau pihak perusahaan mengeluarkan bon potong gaji saya, tetap saya terima tapi perusahaan tidak mau menjadikan kami karyawan tetap dan kami dengan karyawan tetap apabila tidak masuk kerja di potong rp.90.000 per hari sama potongannya dan gaji yang kami bawak balek ke rumah sangat minim” terang dedi yang di aminini rahman dan baim.

Rahmad sebagai sales di PT BKL yang sudah bekerja 8 bulan memaparkan bahwa ia merasa tidak ada hutang sama perusahaan dan apabila ada pinjaman pasti perusahan memotong gaji,”Saya terkejut ada punya tunggakan atau pinjaman yang saya tahu apabila saya punya tunggakan itu sudah di potong pada saat menerima upah” terang rahman.

Mereka berharap apabila perusahaan (PT BKL) tidak bisa menjadikan karyawan tetap akan memberikan pesangon sesuai masa kerja ke 7 karyawan kontrak tersebut.

Pengaduan secara resmi tujuh pekerja status kontrak itu diterima UPTD Disnakertran Bengkalis, 09/11/2017 lalu, mengadukan soal Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang tak sesuai standar baku, kemudian tidak dijamin oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Jefri Tumangkeng setelah mendengar pemaparan dari 7 pekerja tersebut mengatakan” Kedudukan Pengusaha (PT BKL) sudah sesuai UU karena merekrut tenagakerja kontrak telah membuat kontrak kerja ini semua sudah kesepakatan bersama (pengusaha dan pekerja) dan fungsi peran LKS Tripatrit kami sebagai mediasi atas perselisihan ini dan saya berharap antara perusahaan dan pekerja ada kesepakatan. Pihak perusahaan (PT BKL) sudah tidak bisa menerima kalian (7 pekerja ) dan akan memeberikan uang sagu hati” terang jefry yang juga masuk sebagai anggota dewan pengupahan kab bengkalis.

Lanjut jefri” Kalau tidak ada titik temu kalau pun dinaikkan ke tingkat yang lebih tinggi akan jadi lebih lama sedangkan kawan-kawan sampai sekarang belum ada kerja dan kepastian, saya akan melaporkan hasil pertemuan ini ke pimpinan LKS Tripatrit di duri dan Disnaker dan juga ke pihak perusahan (Herwan Widjaya) apa yang teman-teman inginkan ” harap jefri.

Mewakili LKS Tripatrit Kabupaten Bengkalis (Jefry Tumangkeng -red) akan melaporkan ke LKS Tripatrit yang berkedudukankan di duri dan akan memberikan pertimbangan dan saran terhadap perselisihan tenagakerja yang di alami PT Berkat Karya Laris.(yes)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>