Published On: Sel, Mei 23rd, 2017

Ada Surga Dirumahmu “Film Yang Mengandung Pesan Positif”

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,BENGKALIS – Suasana di aula gedung LAM Riau Kabupaten Bengkalis

 Plt. Sekda Bengkalis H Arianto membacakan sambutan Bupati Bengkalis saat acara nonton Film Ada Surga Dirumahmu Senin (22/5/2017) di gedung LAM Riau Kabupaten Bengkalis.

Plt. Sekda Bengkalis H Arianto membacakan sambutan Bupati Bengkalis saat acara nonton Film Ada Surga Dirumahmu Senin (22/5/2017) di gedung LAM Riau Kabupaten Bengkalis.

pada Senin (22/5/2017) pagi dipenuhi 750 guru. Mereka diundang untuk menonton film Ada Surga Di Rumahmu yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Acara yang diberi nama Persemaian Nilai Budaya ini melalui media inspiratif memperkuat kebudayaan ini ditonton para guru yang berasal dari 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis.

“Film yang diputar mengandung nilai-nilai  praktis dan nilai-nilai karakter. Ini merupakan sebuah terobosan atau strategi yang dapat memberikan inspirasi dan sekaligus bisa merubah mindset dan memberi spirit motivasi yang baik,” kata Direktur Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Dra Triana Wulandari, M. Si mengawali sambutanya.

Baca juga:

Menurut Triana Wulandari lagi sasarannya adalah guru dan siswa, “Sehingga begitu selesai menonton film Dan keluar dari gedung ini saya yakin semua penonton akan merubah mindset nya. Film Ada Surga Di Rumahmu ini telah lulus seleksi oleh pakar-pakar seni. Hiroshima dan Nagasaki hancur dibom yang ditanya saat itu adalah beberapa sisa guru yang ada,” tambahnya

“Kebhinekaan adalah sebuah keniscayaan yang harus dipelihara. Melalui berbagai kegiatan salah satunya emutar film aspiratif, film sejarah, dan film budaya. Film Ada Surga Di rumahmu memiliki satu sisi yqng lain di samping nilai-nilai tentang moral. Surga itu tak perlu dicari jauh-jauh ternyata ada di rumahmu,” terang Triana Wulandari yang menyebutkan film ini dibuat di salah satu wilayah di pulau Sumatera yaitu Palembang.

Inspirasi isi pesan film ini tidak hanya sekedar ceritanya saja tetapi dibalik cerita itu ada budaya, ada isi moral, dan ada filosofi.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengawali sambutannya yang disampaikan Plt Sekda Bengkalis H Arianto pula dengan membacakan sebait pantun Sutrisno Khairul Budi

Hadir dalam acara Persemaian Nilai Budaya ini Dandim Kapolres Danlanal Ketua MKA LAM Riau Kabupaten Bengkalis Kadisdik Kadiskom infotik

Sekapur sirih seulas pinang Pelengkap odat buat undangan Kami ucapkan selamat datang
Di Bengkalis Negeri Junjungan

“Untuk kedua kalinya, tahun 2017 ini Kabupaten Bengkalis kembali diberikan kepercayaan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tepatnya 18 April yang lalu kami telah ditunjuk sebagai salah satu inovasi kegiatan interaksi nilai-nilai kebangsaan di wilayah perbatasan (Guru Sejarah dan IPS dalam rangka Internalisasi nilai nilai kebangsaan di wilayah perbatasan,red),” kata H Arianto.

“Anak-anak menjadi incaran pengaruh narkoba dan pergaulan bebas. Oleh karena itu, pembangunan karakter amat penting sebagai upaya membangun manusia negeri ini yang berakhlak, berbudi pekerti, dan mulia. Untuk membangun pendidikan yang berkarakter dibutuhkan pendidikan yang kuat. Kegiatan nonton bareng yang dilaksanakan pada hari ini tidak hanya semata-mata bernilai hiburan, namun sebagai upaya untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter anak bangsa,” ungkap H Arianto panjang lebar.

Menurut Bupati Bengkalis, biasanya melalui penayangan media film anak-anak muda merespon balik, mengadopsi pesan-pesan yang disajikan sehingga mampu membuka wawasan dan cakrawala maupun pola pikir seorang anak.

“Untuk membentengi anak-anak dari pengaruh negatif globalisasi, perlu ditanamkan nilai-nilai religius. Salah satu program yang tengah gencar dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis yakni program one day one ayat, di mana anak-anak kita yang beragama Islam diharuskan membaca, mendalami, dan mempelajari satu ayat satu hari. Untuk membangun pendidikan berkarakter dibutuhkan komitmen yang kuat dari kita semua karena pembangunan berkarakter amat penting sebagai upaya membangun manusia negeri ini yang berakhlak, berbudi pekerti, dan mulia,” pungkasnya.

Pemkab Bengkalis tidak bosan-bosan mengajak seluruh stake holder pendidikan di Negeri Junjungan hari ini untuk mendorong agar siswa dapat menumbuhkembangkan karakternya.

“Kami berpesan kepada peserta didik maupun guru yang hadir pada kesempatan ini terinspirasi dari film yang ditayangkan karena kami yakin dan percaya karya-karya seni yang banyak mengandung nilai-nilai positif mampu menumbuhkembangkan nilai-nilai karakter anak bangsa khususnya di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis yang kita cintai ini,” harap Bupati Bengkalis.

Acara nonton bareng ini diawali dengan pembacaan do’a oleh Ustadz Awaluddin yang diamini para undangan dari kalangan pendidik, Dandim 0303, Kapolres, Danlanal, Ketua MKA LAM Riau Kabupaten Bengkalis H Zainuddin, Kadisdik Edi Sakura, Kadiskom infotik M Nasir, sastrawan Riau Musa Ismail, juga
Pimpinan Rumah Produksi Mizan Gangsar Sutrisno,  serta pemain Ada Surga Dirumahmu Budi Khairul yang berperan sebagai bapaknya Husen.

“Kesan saya di Bengkalis seneng, kotanya rapi, bersih, masyarakatnya ramah,” kata Budi Khairul asal Medan yang mengaku baru selesai shoting FTV “Takbir Sang Juara” dan akan tayang di SCTV.

“Saya sempat menangis menonton adegan pelajar yang dipukul guru karena cabut sekolah untuk mendengarkan ceramah,” ungkap Kadisdik Edi Sakura singkat saat film produksi 2014 tersebut lagi ditayangkan.(Jun)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>