Published On: Rab, Apr 27th, 2016

BC Karimun Gagalkan Seludupan Bahan Peledak Malaysia

Share This
Tags

Karimun.sk.com – Petugas patroli-20005 milik bea dan cukai kantor wilayah khusus kepulauan riau, Rabu(20/4) melakukan penegahan terhadap kapal KM.Harapan Kita,B-29 No Lambung : 769 membawa muatan total 51 ton bahan peledak,Bahan peledak jenis Ammonium Nitrate ini di kemas dalam karung sebanyak 2050 karung.

Kapal bermuatan bahan peledak jenis Ammonium nitrate ini di ketahui berasal dari Pasir Gudang,Malaysia dengan tujuan Sulawesi Selatan.

Selain mengamankan kapal dan muatan bahan peledak tersebut,petugas bea dan cukai karimun juga menangkap Nahkoda dan 6 ABK kapal KM.Harapan Kita.

Perkiraan nilai barang sebesar 6,6 Milyar rupiah dengan asumsi harga per karung nya 130 ribu per kilo gram.

Sementara perkiraan kerugian negara secara immateril pada pengamanan dan lingkungan hidup.

Posisi penangkapan kapal KM.Harapan Kita 01 36 00 U / 104 56 00 T,dan lokasi penegahan di perairan 30 mil Timur Laut berakit,kepulauan riau .

Menurut Kepala Bidang Penindakan dan Sarana Operasional Kanwil BC Karimun, Raden Evy Suhartantyo mengatakan,Modus operandi nya,mengangkut barang impor yang merupakan kategori larangan impor tanpa dilindungi manifest.untuk mengelabuhi petugas Ammonium Nitrate di kemas menggunakan kemasan berbeda pada tulisan karung plastik bagian luar dengan tulisan “Mitsubishi Japan ” sementara pada kemasan dalam karung dasar nya dengan tulisan “Ammonium Nitrate”.

Evy menambahkan operasi penangkapan ini merupakan operasi gerakan habisi narkotika(Gerhana), selain itu operasi patroli laut Kantor Wilayah Bea dan Cukai ini untuk meningkatkan dan mengantisipasi keamanan terhadap pelaku teroris yang menggunakan sarana kapal dengan jalur pelayaran melintasi perairan kepulauan riau.

“Jajaran petugas patroli Kanwil-BC Karimun meningkatkan pengamanan laut,mengingat kerap nya bahan peledak di perjual belikan dengan murah dan mudah di peroleh dari Negara Malaysia”tegas Evy.

Atas perbuatan para pelaku di jerat pasal 102 huruf(a) UU No : 17 Tahun 2006 tentang kepabeanan, dengan pidana penjara paling lama 10 tahun penjara,dan denda sebesar 5 Milyar rupiah.(BK)

penangkapan-bahan-peledak

penangkapan-bahan-peledak

 

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>