Published On: Sen, Nov 28th, 2016

Berkat Terobosan Baru Bakhtiar Desa Batu Gajah Kini Ada Perkebunan Lada

Share This
Tags

“ada 59 kk, 1 kk diberikan 100 bibit. Saat ini 80 persen bibit lada hitam dan putih sudah ditanam,”

Natuna, suarakedaulatan.com, Untuk meningkatkan pendapatan warganya, Kepada Desa kebun-ladaBatu Gajah, Bakhtiar membuat terobosan baru di desa yang dipimpinnya. Terobosan yang dibuatnya ini diharapkan mampu membuat perekonomian warga batu gajah menjadi lebih baik kedepannya.

          Penanaman lada hitam dan putih itulah terobosan baru yang dibuat bakhtiar. Berkat pengalaman sewaktu dikampung halaman istrinya, Bakhtiar belajar cara penanaman lada dengan benar. Bakhtiar yang sudah dua periode memimpin Desa Batu Gajah melihat potensi cukup bagus dari perkebunan lada ini jika diterapkan di Desa Batu Gajah.

           Sebelum menerapkan penanaman lada ini kewarga, bakhtiar sudah lebih dulu mencoba menanam lada dikebunnya dan berhasil hidup dengan subur. Dari itulah Bakhtir berani membuat program penanaman lada ini ke warganya.

              “sewaktu ketempat istri, disana warganya bertani lada, dari itulah saya mencoba menaman lada di kebun dan alhamdulilah hidup dengan subur,” Cerita Bakhtiar sewaktu ditemui awak media ini dikantornya. Rabu (23/11).

            Saat ini ungkap bakhtiar, sudah banyak warga yang ikut dalam pelaksanaan program ini. Sebelum penanaman, warga mendapat pelatihan digedung desa dengan narasumber dari dinas perkebunan kabupaten natuna. Hal ini dilakukan agar warga paham tata cara penanaman bibit lada supya bisa hidup dengan subur dan berbuah.

            “ada 59 kk, 1 kk diberikan 100 bibit. Saat ini 80 persen bibit lada hitam dan putih sudah ditanam,” Ungkap Bakhtiar

            Selain diberikan pelatihan dan bibit tambah bakhtiar, warga juga diberikan peralatan semprot, kayu penyangga bibit dan pupuk. Untuk anggarannya pihaknya mengunakan anggaran desa tahun 2017.

            Bakhtiar berharap warga bisa menjaga dan memelihara bibit lada yang sudah diberikan, Supaya kedepannya ekonomi bisa meningkat. Apalagi Harga lada cukup tinggi dipasaran, untuk Lada hitam 100/kilo dan Lada putih 200 per kilo.

         Selain melaksanakan program penanaman bibit lada. Desa batu gajah pada tahun 2017 ini melalui dana DD dan ADD juga melaksanakan pembangunan Gorong-gorong, Pembangunan Tambatan Perahu, pembagunan pustu dan pembukaan badan jalan.

         Desa Batu Gajah pada tahun ini juga mendapat predikat desa terbaik se-kabuapten natuna. Semua ini berkat Bakhtiar yang selalu memberikan pengarahan ke stafnya supaya tidak ada kesalahan dalam menjalankan tugas. Piala dan piagam Penghargaan desa terbaik diberikan langsung oleh bupati natuna Drs. H. Amid Rizal. (Zali)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>