Published On: Rab, Jul 4th, 2018

Bupati Natuna Hadiri Rakornis TMMD di Kodam I Bukit Barisan

Share This
Tags

IMG-20180704-WA0017

Natuna, suarakedaulatan.com — Bupati Natuna bersama Dandim 0318/Natuna menghadiri Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 TA 2018 di Makodam I/BB – Medan. Selasa (03/07/2018).

 
Kegiatan Rakornis TMMD ini diselenggarakan untuk menyamakan visi, misi dan persepsi, serta arah kebijakan dalam mewujudkan kesiapan penyelenggaraan program TMMD ke-102 TA 2018.

 
TMMD ke 102 TA 2018 ini mengambil tema “Manunggal Membangun Karakter Generasi Milenial” dan kegiatan yang dilakukan diantaranya Fisik dan non fisik.

 
Bupati Natuna Natuna Drs. H. Hamid Rizal sangat mendukung program TNI ini. Melalui kegiatan TMMD sangat membantu pemerintah daerah dalam membuka akses ke daerah yang belum bisa di kerjakan oleh pemerintah secara maksimal.

 
“Saya berharap, kiranya daerah yang belum bisa terjangkau, dengan adanya TMMD ini dapat membuka akses bagi masyarakat guna meningkatkan perekonomian,” ucap Hamid

 
Hamid menjelaskan, anggaran yang diberikan untuk kegiatan TMMD nilainya masih kecil, mengingat APBD Natuna turun dramatis. Meski demikian semangat juang TNI untuk membuka akses terisolasi sangat tinggi.

 
Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, dan menjadi program terpadu lintas sektoral , antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen, Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya dan dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah tertinggal, terisolasi, Daerah perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan, serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

 
Dandim 0318/Natuna Letkol Inf Yusuf Rizal juga menjelaskan, Untuk kegiatan TMMD di kabupaten Natuna Tahun ini dilaksanakan di wilayah kecamatan Pulau Tiga. Kegiatan yang dilakukan diantara fisik dan non fisik. Untuk Kegiatan Fisik Pagu Anggaran 850 Juta bersumber dari APBD Kabupaten Natuna.

 
“Pembangunan semenisasi jalan lingkungan luar kecamatan pulau Tiga sepanjang 437 M, Lebar 5 M, Tebal 0.15 M dan Pembuatan Gorong-gorong 1 unit disepanjang jalan,” Ucap Yusuf Rizal.

 
Sedangkan untuk kegiatan non fisik TMMD tahun ini diantaranya, kegiatan mewujudkan Pemahaman tentang Bela Negara, mewujudkan Pemahaman tentang Usaha Mikro, mewujudkan Pemahaman tentang Kamtibmas dan Bahaya Narkoba, mewujudkan Pemahaman tentang KB Kesehatan, Reproduksi dan HIV AIDS, mewujudkan Pemahaman tentang Pertanian, mewujudkan Pemahaman tentang Perikanan, Kegiatan ceramah agama, Bakti sosial/pengobatan masal.

 
“untuk Kegiatan Non Fisik sumber anggarannya dari Kodim 0318/Natuna,” jelas Dandim Natuna

 
Untuk kegiatan non fisik ini tambah Yusuf Rizal, dalam melaksanakan kegiatan ini pihak Kodim 0318/Natuna bekerjasama dengan Pemkab Natuna dan pihak terkait sebagai narasumber pada kegiatan penyuluhan/sosialisasi. (MRZ)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>