Published On: Sen, Jan 1st, 2018

Cetak Sawah Baru, Ini Harapan Masyarakat Kelarik Ke Dandim Dan Distanak Natuna

Share This
Tags

IMG-20180101-WA0016Natuna, Suarakedaulatan.com — Rabu (31/12/2017) di Desa Kelarik Utara Kecamatan Bunguran Utara Kabupaten Natuna, berlangsung kegiatan tanam perdana pada lahan cetak sawah baru kerjasama antara Distanak Kab. Natuna dan Kodim 0318/Natuna.

 
Mewakili masyarakat, Zapridin Kades Kelarik Utara berharap adanya pembinaan secara intensif kepada petani pengarap karena rata-rata petani yang ada berlatar belakang sebagai nelayan.
“Kami minta Bapak Dandim tolong sampaikan ke Distanak untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para petani karena latar belakang mereka adalah nelayan,” kata sang Kades.

 
Kami tidak mau, ungkapnya lagi, “lahan yang sudah dibuka susah payah ini kembali menjadi hutan. Maaf pak Dandim seharusnya ini kami sampaikan kepada Disatanak, namun karena tidak hadir kepada Bapak kami berbagi,” curhat orang nomor satu di desa Kelarik Utara ini.

 
Namun Zapridin tetap mengucapkan terima kasihnya kepada Pemda Kabupaten Natuna dan Kodim 0318/Natuna, karena telah membuat program cetak sawah di desanya.

 
“Saya mewakili masyarakat desa Kelarik Utara dan Desa Belakang Gunung berterima kasih kepada Distanak Kabupaten Natuna dan Kodim 0318/Natuna yang telah bersusah payah mewujudkan sawah di Kelarik Utara,” ucapnya berterimakasih.

 
Senada dengan Bujang Arpan, ketua kelompok tani desa Kelarik Utara mengapresiasi kerja keras pihak – pihak yang telah bersusah payah dalam melaksanakan Cetak Sawah dikelarik.
“mulai dari pembukaan awal saya mengikuti kegiatan ini, luar biasa semangat dari pihak Kodim 0318/Natuna terutama Danramil 03/Sedanau dan Babinsanya untuk membuat sawah di desa kami, hujan dan panas, siang dan malam mereka bekerja tanpa kenal lelah, Alhamdulillah hari ini kita tanam perdana”, ungkapnya dengan semangat.

 
“Semangat ini, hendaknya menjadi pecut bagi kami kelompok tani untuk memanfaatkan lahan sawah yang sudah dibuka ini dengan baik,” tambahnya lagi.

 
Kapten Arm Bambang, Danramil 03/Sedanau mengungkapkan, “untuk membuka sawah ini kami terkadang bekerja malam memanfaatkan cuaca yang bagus, karena kendala yang kita hadapi selain terbatasnya alat berat yang ada, juga faktor cuaca yang tidak menentu dan padatnya vegetasi yang ada dilokasi, terkadang hujan cukup deras hampir setiap hari”, ujar Danramil.

 
Dengan adanya cetak sawah ini, diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa Kelarik Utara pada khususnya dan masyarakat Natuna pada umumnya.
Kegiatan tanam perdana ini dihadiri oleh Dandim 0318/Natuna beserta jajarannya, Kades Kelarik Utara, Kades Belakang Gunung, Tomas, serta Kelompok Tani dari desa Kelarik Utara dan desa Belakang Gunung. (Oki/Rozali)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>