Published On: Sel, Jan 2nd, 2018

Jufrizal Akan Jadikan PDAM Bengkalis Yang Mandiri

Share This
Tags

 

BENGKALIS, SK – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Bengkalis telah mendapatkan sosok pimpinan baru yang siap merubah sistim kerja internal dan peningkattan pelayanan ke pelanggan antaralain perubahan nama PDAM Bengkalis menjadi PDAM Tirta Trubuk yang akan di lainching dengan peraturan bupati (perbud).Dan yang menjadi permasalahan utama saat ini mengenai PHK karyawan PDAM Meranti sampai kerana rana hukum dengan keputusan MA harus bayar tuntutan meraka, sang direktur siap membayarkan yang direncanakan di januari tahun 2018.

H Abel Iqbal, ST Kabid Umum dan Personalia di PDAM Bengkalis yang ditemui utusanriau.co di ruangannya baru-baru ini mengatakan Direktur PDAM Bengkalis Jufrizal SE,dirasa PDAM Bengkalis saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya. Cara kepemimpinan Jufrizal dikenal mampu mencairkan suasana. Pendekatan yang matang dan kebijakan yang diambil secara perlahan, tentunya tak terlepas dari pedoman aturan yang ada.

“Mengenai dikabulnya tuntutan mantan karyawan PDAM di meranti oleh MA (sebesar Rp. 1.3 M) wajib dibayar PDAM dengan tegas pak direktur mengatakan harus kita bayar tanpa di subsidi dari pemkab bengkalis akan dilaksanakan tahun depan direncanakan bulan januari kita ambil dari anggaran PDAM sendiri.Jufrizal sepertinya bertangan dingin dalam menyelesaikan persoalan. PDAM yang menurutnya masuk kategori tidak sehat, tentunya pembenahan di internal dan eksternal PDAM wajib dilakukan dan sedang berlangsung.”terang abel yang juga merasakan perubahan kinerjanya semakin baik.

Di intenal PDAM misalnya, telah dilakukan perbaikan di sistem administrasi keuangan. Dimana sebelumnya, kondisi laporan keuangan PDAM yang sangat tidak akuntabel. Parahnya, cash flow keuangan tidak terkontrol dan tidak tersistem. Sehingga perencanaan pengelolan keuangan tidak bisa dilakukan.

Lanjut H Abel Iqbal, ST mengatakan:”Pertama kali masuk kantor pak jufrizal yang di panggil keuangan ke ruangnya ditanya cash flow kita berapa sekarang?yang ditanya tidak bisa menjawab sejak itu Ia lansung merombak manajeman di dalam dan juga tehnisi bagi karyawan yang mampu lansung di berikan promosi dan yang tak mampu ya harus menjadi staf biasa tanpa dilihat masa kerja karyawan tersebut”kata h abel juga menceritakan sistim absensi disini 4 kali dalam sehari.

Untuk itu, dengan berbekal pengalaman dan jam terbang sebelumnya dari memimpin PDAM Tirta Wampu, Kebupaten Langkat, Sumatera Utara selama Delapan tahun, Jufrizal telah merubah secara total sistem tata kelola keuangan PDAM Bengkalis. Perubahan dengan nama SISKA (Sistem Komputerisasi Akuntansi). Artinya, semua kegiatan terkait penggunaan anggaran PDAM Bengkalis sudah terpusat dan masuk ke sistem SISKA.

Selain itu, sistem pembayaran rekening yang sebelumnya terpusat pada cabang-cabang, kini telah dirubah dengan sistem online. Masyarakat atau pelanggan PDAM Bengkalis bisa membayar tagihan PDAM dimana saja. Tentunya ditempat token-token yang telah dibuka oleh PDAM.

Menurut Kabag Umum dan Personalia ini, selama ini pusat tidak bisa mengetahui berapa besar penerimaan (DRD) dari penjualan air ke pelanggan karena harus menunggu informasi laporan dari cabang. Bahkan terkadang jumlah yang diterima cabang tidak sama dengan jumlah yang disetor cabang ke rekening PDAM.Ini lah yang dilakukan direktur pembenahan di dalam PDAM.

Sepanjang tahun 2017,PDAM Bengkalis melaksanakan kegiatan pelayanan terkait K3 (Kuantitas, Kualitas dan Kontinuitas). Artinya air ke pelanggan mulai dari analisa sumber air, produksi air hingga pendistribusian air.

Kabid Umum dan Personalia mengakhiri pembicaraan mengatakan Ia diberikan ‘PR’ oleh direktur mengenai pendataan aset-aset PDAM yang selama ini belum ada terdata dan saya juga diharuskan mencari mana aset PDAM terutama barang yang tidak bergerak karena selama ini setelah di bangun Dinas PU Bengkalis di serahkan ke Bagian perlengkapan Sekda Bengkalis yang sekarang di BAKD Pemkab Bengkalis.

Melalui peningkatan kinerja, PDAM Bengkalis diharapkan menjadi PDAM yang mandiri dan mantap (steady) yang dapat mengembangkan usahanya. Dengan kondisi kinerja PDAM yang mantap, akan semakin menarik bagi pihak swasta ataupun perbankan untuk bermitra dengan PDAM.(yespdam Diskusi bersama Tim dari Jepang)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>