Published On: Sel, Feb 14th, 2017

Kabupaten Bengkalis Berpotensi Untuk Pengembangan Tanaman Aren

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,BENGKALIS – Potensi pengembangan tanaman aren dengan nama latin (arenga pinnata) di Bengkalis dan sekitarnya menurut struktur tanah yang ada sangat tinggi.

Sukardi Saat Menujukkan Hasil Gula Aren Yang Diproduksinya Beberapa Waktu lalu.

Sukardi Saat Menujukkan Hasil Gula Aren Yang Diproduksinya Beberapa Waktu lalu.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh DR. Eng. Muhamad Syahminan, ST, MT penerima mandat dari Asosiasi Aren Indonesia (AAI) DPW Wilayah Riau untuk melaksanakan Musyawarah Daerah Kabupaten Bengkalis.

“Berdasarkan pengalaman yang telah kita buktikan di lapangan, aren yang kami tanam di tanah hitam atau tanah liat di Bengkalis bisa tumbuh. Juga kita dapat informasi, tanaman aren juga tumbuh di tanah gambut,” kata Muhamad Syahminan kepada wartawan Sabtu (11/2/2017).

Syahminan putra Parit Bangkong Bengkalis ini menilai untuk potensi lahan tanaman aren di Bengkalis cukup banyak. “Salah satunya perkebunan karet yang tidak begitu produktif lagi. Sebaiknya lahan begini kita kembangkan dengan tanaman aren. Potensi pengembangan tanaman aren sangat tak terhingga. Informasi dari penggiat nira (penyadap aren), sebatang pohon aren bisa menghasilkan dua puluh liter nira. Empat liter nira akan menghasilkan sekilo gula aren. Menurut penyadap aren lagi, sepuluh batang aren tidak kalah dengan penghasilan dua jalur (1 hektar sama 3,5 jalur) kebun karet, bahkan bisa mengalahkan penghasilan sehektar sawit,” terang Syahminan.

“Sawit itu kan butuh pemeliharaan, membutuhkan pupuk dan biaya yang besar.Kalau aren sendiri tidak memerlukan pemeliharaan khusus. Kemudian terhadap musuh binatang juga jauh sebab batang aren ini gatal. Ijuknya juga gatal,binatangpun tak suka. Jadi, menurut kami hasil nira itu sendiri seumpama mutiara yang tersembunyi,” kata Syahminan bersastra.(Jun/Eef)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>