Published On: Sel, Mei 9th, 2017

Kabupaten Siak Terpilih Dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,Kota Istana-Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Tim-Smart-City-Bersama-Assessor-Dari-Kementerian-Kominfo(Kominfo) menetapkan Kabupaten Siak sebagai salah satu dari 25 Kab/Kota yang terpilih untuk mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City di tanah air. Penetapan yang dilakukan berdasarkan atas hasil penilaian (assessment) yang telah diselenggarakan di Pusat TIK Nasional, Ciputat, tanggal 2-3 Mei 2017 lalu.

Berdasarkan hasil assessment tersebut terdapat 25 kabupaten/kota di tanah air yang lulus, termasuk Kabupaten Siak didalamnya. Hal ini dipertegas dalam surat keputusan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Nomor: 265 KOMINFO/DJAI/AI.01.05/05/2017 tentang penyampaian hasil seleksi Assessment Gerakan Menuju 100 Smart City.

Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si merasa senang dengan terpilihnya Kabupaten Siak, mengingat program Smart City telah dipersiapkannya sejak setahun lalu.

Bupati Siak mengatakan, untuk menjadikan Siak Smart City tidak hanya dari kelengkapan sarana dan prasarana semata, melainkan juga dalam hal partisipasi masyarakat yang ikut andil dalam mensukseskannya.

Bupati Siak juga menambahkan, dalam pengemasan Smart City ini nantinya akan membentuk perilaku masyarakat yang smart dalam berbagai hal, jeli dalam menangkap peluang dan memanfaatkannya, ditambah lagi era sekarang adalah era digital teknologi.  Apalagi pemerintah telah menerapkan sistem IT dalam kerja pemerintahan, terutama dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapplitbangda) Kabupaten Siak Drs. H. Yan Prana, M.Si, menambahkan perencanaan Smart City sudah tertuang dalam perencanaan pembangunan daerah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Siak Kaharuddin,S.Sos., M.Si menyebutkan, tim assessment Kementerian Kominfo sudah melakukan assessment 2-3 Mei kemarin. Hasilnya seperti yang tertuang dalam surat , yaitu Kabupaten Siak lulus seleksi dan ditetapkan sebagai Smart City.

Pasca ditetapkan, sebut mantan Kadishub dan Infokom Siak ini, telah disiapkan draft kesepakatan bersama antara Kementerian Kominfo dan Pemkab Siak tentang implementasi gerakan  menuju 100 Smart City.

Berdasarkan dari hasil seleksi tim assessment, tercatat 25 kabupaten/kota yang dinyatakan lulus antara lain: Semarang, Banyuwangi, Badung, Makassar, Gresik, Purwakarta, Tangerang Selatan, Sukabumi, Bekasi, Samarinda, Tangerang, Banyuasin, Bandung, Sleman, Bogor, Jambi, Cirebon, Bojonegoro, Kutai Kertanegara, Singkawang, Tomohon, Mimika, Sidoarjo, serta dua kabupaten di Provinsi Riau yaitu Kabupaten Siak dan Pelalawan.

Sumber : MC Kab. Siak

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>