Published On: Sen, Mei 29th, 2017

Launching Beras Kota Istana Dan Peresmian Pemakaian Listrik Kampung Minas Barat

Share This
Tags

“Bupati Siak Launching Beras Siak Kota Istana”

Suarakedaulatan.com,KOTA ISTANA-Meski sempat diguyur hujan, peluncuran Beras Siak “Kota

Bupati-Siak-Launching-Beras-Siak-Cap-Kota-Istana-di-Kampung-Suak-Lanjut-

Bupati-Siak-Launching-Beras-Siak-Cap-Kota-Istana-di-Kampung-Suak-Lanjut-

Istana” serta penyerahan bantuan bibit cabe kepada masyarakat di Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak berjalan lancar. Launching dilakukan langsung oleh Bupati Siak Drs. H. Syamsuar, M.Si di Kedai Harian Haikal, Kampung Suak Lanjut, Kecamatan Siak, Jum’at (26/5/17). Turut menyaksikan Anggota DPRD Siak, Camat Siak, Kepala Dinas Ketahanan Pangan H. Syahrial, M.Si, Ketua PKK Kabupaten Siak Misnarni Syamsuar, Penghulu Suak Lanjut, serta masyarakat Kampung Suak Lanjut.

Syamsuar mengatakan, beras merupakan salah satu komoditi atau makanan pokok masyarakat kita sejak dahulu. Oleh karena itu, peluncuran Beras Siak “Kota Istana” sangat diharapkan oleh masyarakat, karena sebagai daerah penghasil beras, sudah seharusnya memiliki beras dengan merek sendiri.

Dijelaskan Bupati, masalah pangan ini harus menjadi perhatian kita bersama, walaupun daerah kita masih tersedia bahan pangan untuk kebutuhan sendiri. Namun demikian, kita perlu waspada karena pertumbuhan penduduk yang terus meningkat akan berdampak terhadap meningkatnya permintaan terhadap kebutuhan pangan.

Sementara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Siak mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas gabungan kelompok tani (Gapoktan) menjadi Lembaga Ekonomi Pangan yang kuat di pedesaan, sekaligus mendekatkan pangan kepada masyarakat. Pengembangan usaha pangan masyarakat, merupakan kegiatan dari lembaga usaha pangan masyarakat dalam melayani warung harian khususnya untuk setiap wilayah di Kabupaten Siak dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga.

Ia menambahkan, keberadaan warung harian merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memotong rantai pasokan komoditas pangan. Oleh karena itu, pembangunan ekonomi berbasis pertanian dan perdesaan secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada pengurangan penduduk miskin.

Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Siak terus melakukan inovasi guna percepatan keanekaragaman konsumsi pangan. Melalui pemanfaatan pekarangan dengan konsep agropolitan dan rumah pangan lestari, dimana setiap kepala keluarga (KK) mendapat 5 batang bibit cabe/sayur.

Terkait hal itu, hari ini diserahkan sebanyak 1000 bibit cabe kepada masyarakat yang dilakukan secara simbolis oleh Ketua PKK kabupaten Siak Misnarni Syamsuar kepada ibu-ibu perwakilan.

“Pemakaian Listrik Kampung Minas Barat Diresmikan”

Gubernur-Riau-Wakil-Bupati-Siak-serta-GM-PT-PLN-Wilayah-Kepulauan-Riau-menekan-tombol-sirinei-secara-simbolis-tanda-diresmikannya-pemakaian-Listrik-di-Kampung-Minas-Barat-

Gubernur-Riau-Wakil-Bupati-Siak-serta-GM-PT-PLN-Wilayah-Kepulauan-Riau-menekan-tombol-sirinei-secara-simbolis-tanda-diresmikannya-pemakaian-Listrik-di-Kampung-Minas-Barat-

Gubernur Riau Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman yang didampingi Wakil Bupati Siak Drs. H. Alfedri, M.Si  meresmikan Pemakaian Listrik Masuk Desa, Minas Barat, Kecamatan Minas,Kamis (25/5/17). Turut hadir M. Irwan Syahputra selaku General Manager PT PLN wilayah Kepulauan Riau, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Syafrilenti, M.Si, Camat Minas H. Zainal Abidin, Manager PT PLN Rayon Rumbai, Manager Area PT PLN Anak Pekanbaru, Kepala Kampung serta Tokoh Masyarakat Minas.

Untuk mewujudkan terhadap kebutuhan aliran listrik bagi Masyarakat Minas Kampung Minas Barat, hari ini telah diresmikan pemakaiannya oleh Gubernur Riau Andy Rahman yang didampingi Wakil Bupati Siak serta GM PT PLN wilayah Kepulauan Riau.

M. Irwan Syahputra selaku GM PT PLN wilayah Kepulauan Riau mengatakan, pembangunan insfrastruktur Jaringan PLN dengan jumlah untuk 1300 KK yang berdaya 20 kilo volt  sepanjang 27 sirkuit untuk mengalir listrik Minas Barat. Selain itu, beliau mengatakan masih perlunya koordinasi terhadap pemanfaatan lahan baik secara teknis saat melintasi wilayah Chevron sepanjang 28 Km sehingga aliran listrik tersebut tidak terpisah baik dari Rumbai hingga sampai ke Duri.

“Upaya yang telah ditempuh ini bisa dioperasikan hanya 14 jam, ini juga bertepatan dengan momen memasuki bulan Ramadhan. Insyaallah sebelum ulang tahun Republik Indonesia, direncanakan akan menyelesaikan insfrastruktur Jaringan PLN di 17 Kampung yang ada dengan harapan kerjasama ini bisa ditingkatkan, sehingga apabila ada kendala dapat diselesaian bersama-sama dengan mewujudkan kebutuhan dasar bagi masyarakat dalam menggerakan Roda Ekonomi,” kata GM PT PLN.

Hal senada juga dikatakan oleh Wakil Bupati Siak, telah dibangunnya jaringan listrik dari km 37 hingga Km 41 merupakan hal paling yang dinanti oleh sebagian Masyarakat Minas. Untuk itu, masih ada 100 KK lagi yang belum merasakan penerangan listrik hingga saat ini. Ia mengharapkan agar dengan diresmikannya pemakaian listrik ini bisa berlanjut hingga selesai ke daerah kampung yang belum teraliri.

Dilanjutkan oleh Gubernur Riau, dengan diresmikannya pemakian Listrik di Desa Minas Barat Kecamatan Minas tersebut, diharapkan bisa memberikan kemajuan didaerah, terutama terhadap kemajuan dalam menjalankan roda perekonomian masyarakat, juga kemajuan terhadap pendidikan bagi anak anak.

Dikatakan oleh Gubri, Pemerintah Provinsi Riau bersama pihak PLN juga harus memenuhi anggaran lagi untuk memenuhi kebutuhan yang paling mendasar terhadap listrik bagi masyarakat, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat bisa cepat terwujud.(Adv)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>