Published On: Sen, Okt 9th, 2017

Kalahkan Bantan, Kecamatan Bengkalis Juara Umum MTQ Ke-42 Bengkalis

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,PINGGIR – Kecamatan Bengkalis berhasil meraih juara umum pada

Bupati Bengkalis diwakili Asisten II menyerahkan piala juara umum kepada Camat Bengkalis, Sapon pada malam penutupan MTQ Ke-42 Tingkat Kabupaten Bengkalis, Minggu (08/10/2017) malam.

Bupati Bengkalis diwakili Asisten II menyerahkan piala juara umum kepada Camat Bengkalis, Sapon pada malam penutupan MTQ Ke-42 Tingkat Kabupaten Bengkalis, Minggu (08/10/2017) malam.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Bengkalis dengan perolehan nilai 54 mengalahkan Kecamatan Bantan yang menjadi juara umum tahun sebelumnya.

Pengumuman Kecamatan Bengkalis keluar sebagai juara dibacakan pada malam penutupan MTQ ke-42 Bengkalis di astaka utama, Jalan Bathin Muajalelo, Desa Pinggir, Kecamatan Pinggir, Minggu (8/10/2017) malam yang dibacakan Ketua Dewan Hakim, H Suwarto melalui Wakil, Syamsir JS.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin berpesan, kepada para qari’- qari’ah, hafizh-hafizhah, mufassir-mufassirah, khatat-khatatah yang telah meraih juara dalam pelaksanaan MTQ ke-42 tingkat Kabupaten Bengkalis di Kecamatan Pinggir tahun 2017, agar tidak berbangga diri berlebihan.

“Prestasi yang telah diraih memiliki konsekuensi  dalam rangka mepersiapkan diri untuk tetap terus berlatih, sehingga pada gilirannya nanti di level yang lebih tinggi  bisa mengharumkan Kabupaten Bengkalis pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau maupun Nasional,” kata Bupati Bengkalis Amril Mukminin yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Heri Indra Putra, saat memberikan kata sambutan dalam acara penutupan MTQ ke-42 Minggu (8/10/2017) malam.

“Kepada yang belum meraih prestasi pada penyelenggaraan MTQ ke-42 tahun ini, agar jangan berkecil hati, teruslah berlatih dan memacu diri untuk bisa mewujudkan prestasi pada pelaksanaan mtq tingkat kabupaten yang akan datang,” tukasnya.

Terkait keberhasilan Kecamatan Bengkalis meraih juara umum, Bupati Bengkalis diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, H Heri Indra Putra memberikan apresiasinya.

“Kepada kafilah Kecamatan Bengkalis yang meraih peringkat juara umum, kami ucapkan selamat dan semoga prestasi ini bisa dipertahankan, teruslah  berlatih untuk mempersiapkan diri, karena kita masih mempunyai tanggung jawab yang besar untuk mengharumkan nama kabupaten di ajang MTQ tingkat Provinsi,” katanya.

Untuk diketahui, juara umum dihitung berdasarkan perolehan point dari juara I sampai dengan juara III saja. Masing-masing point adalah 5 untuk juara I, 3 untuk juara II dan 1 untuk juara III. Lengkapnya, peserta penyumbang point utusan juara I Kecamatan Bengkalis adalah Nurul Aulia Rizqi (Tilawah Remaja Putri), Novia Ulfa (Tahfidz 5 Juz dan Tilawah Putri), Yuni Kartika (Tahfidz 10 Juz Putri), Niswatul Munawaroh (Tahfidz 20 Juz Putri), Mira Karyani (Khattil Qur’an Naskah Putri), dan Aris Afriadi (Tilawah Dewasa Putra).

Sedangkan juara II adalah Jumiarti (Tilawah Dewasa Putri), Muhammad Taufik Alhaqqi (Khattil Qur’an Hiasan Mushaf Putra), Nisa Aqila (Khattil Qur’an Hiasan Mushaf Putri), Surya Maulana (MMQ Putra) dan grup Syarhil Qur’an terdiri dari Nur Aini Pertiwi, Nur Raini Pertiwi dan Nurul Syari Futri Alfaini.

Terakhir, pemenang juara III yakni Suhana (Qiro’at Sab’ah Putri), Muhammad Syafa’at (Tahfidz 5 Juz dan Tilawah Putra), Maulana Ishak (Khattil Qur’an Dekorasi Putra), Nuriza Sari (Khattil Qur’an Dekorasi Putri), Abdul Muhaimin (Khattil Qur’an Kontemporer Putra) dan grup Fahmil Qur’an terdiri dari Elfy Nurlaily, Fitriyani dan Rima Melati.

Secara lengkapnya perolehan nilai dari masing-masing kecamatan yang mengikuti MTQ ke-42 tahun 2017 tingkat Kabupaten Bengkalis ini adalah sebagai berikut Kecamatan Bengkalis (54), Bantan (43), Bukit Batu (33), Pinggir (23), Siak Kecil (21), Rupat (15), Mandau (14) dan Rupat Utara (10).

Ketua Harian Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Bengkalis ini juga mengatakan, pelaksanaan MTQ ke-36 tingkat Provinsi Riau tahun ini yang akan dilaksanakan di Kota Dumai, harus benar-benar dimanfaatkan oleh para peraih prestasi MTQ tingkat Kabupaten. Karena ini merupakan sebuah tanggungjawab yang harus dilaksanakan oleh para pemenang.

Camat Bengkalis, Sapon menyampaikan rasa syukurnya, “Yang jelas kami bangga sekali atas usaha kami sehingga bisa mendapatkan kembali juara umum. Keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras, doa dan dukungan masyarakat Bengkalis” ungkap Sapon, Minggu (08/10/2017) malam.

Untuk MTQ ke-43 tahun 2018 mendatang, Kecamatan Bukit Batu yang dinahkodai Reza Noverindra ditunjuk sebagai tuan rumah.

Tampak hadir dalam acara penutupan tersebut Waka Polres Bengkalis, Kompol Taufik Hidayat, Anggota DPRD Bengkalis, Susianto, Camat Pinggir Djamaluddin, Kepala Bagian Kesra yang juga Ketua Dewan Hakim H Suwarto, dan tamu undangan lainnya.(Rls)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>