Published On: Sel, Sep 12th, 2017

Kemajuan SDN 06 Siginfikan Dampak Visi-Misi Zaidar

Share This
Tags

Pelalawan-suarakedaulatan.com,
VisiIMG20170909121853 dan misi sebagai kepala sekolah, harus dapat diimplementasikan demi kemajuan sekolah. Satu hal yang diingat adalah pertanggung jawaban. Dan jabatan itu “amanah” yang harus dipertanggung jawabkan, baik secara tugas, terlebih di dunia akhirat.

Demikian dikatakan kepala SD Negeri 06 Simpang Perak Jaya, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Zaidar Candra S.Pd SD, pada Jumat (9/9/2017) kepada media ini di kantornya. “Saya berkeinginan agar sekolah yang saya pimpin, menjadi lebih baik. Mewujudkan itu tentu harus dilakukan berbagai pembenahan,”.

Secara berangsur-angsur implikasi visi dan misinya, beberapa hal telah dilakukan untuk kemajuan SDN 06 Simpang Perak Jaya. Terutama para guru sudah mulai disiplin. Dan tiap bulan diadakan supervisi administrasi guru di kelas. “Dengan adanya tenaga guru jurusan bahasa inggris disekolah ini, bagi siswa kelas 3 sampai kelas 6 sudah diterapkan pelajaran bahasa inggris. Sedangkan kegiatan ekstra kurikuler, tiap pagi hari Kamis dilaksanakan upacara pramuka. Setiap hari Sabtu melaksanakan kegiatan latihan pramuka,” tukasnya.

Sistim pembelajaran juga terus dimaksimalkan. Salah satunya dengan telah menggunakan alat peraga melalui infokus. Dan meskipun sebagian banyak sekolah belum dapat merealisasikan program pengadaan buku K 13 dan KTSP, alhamdullillah kita telah selesai. Tinggal pengadaan buku pelajaran agama kristen dan buku pegangan guru yang masih dalam proses, jelasnya.

Walaupun Zaidar baru seumur jagung memimpin SDN 06 itu, namun sejak ditempatkan pada bulan April 2017 lalu, kemajuan sekolah itu begitu signifikan. Buktinya halaman sekolah itu sekarang tidak becek lagi karena sudah disiram batu sertu. Kemudian tangga kantor baru ada, podium sekolah baru dibuatnya, dan sudah membuat taman di sekolah itu, juga membuat pojok bacaan, juga sudah buat plang-plang sekolah, dan lain sebagainya.

PIP (Program Indonesia Pintar) yang merupakan program pemerintah pusat baru berjalan di SDN 06 tersebut. “Sejak 5 lima bulan ini, sebanyak 50 orang siswa sudah mendapatkan PIP. Setiap siswa dapat dana PIP sebesar Rp 450 ribu. Dana itu langsung ditransferkan ke rekening siswa yang bersangkutan, setelah saya ajukan data permohonannya secara sistim online di internet ke pemerintah pusat,” paparnya.

Disampaikannya, bila tak ada kendala, paling lama akhir tahun 2017 ini akan mengadakan Drum Band disekolah ini. Itu bagus dalam kreatif siswa untuk memupuk pengembangan otak anak. Nanti juga disediakan kantin sekolah demi menjaga kebersihan. Tidak kalah pentingnya, kita akan membangun mushola. Mushola, sangat baik dalam praktek ibadah siswa, imbuhnya.

Dalam rangka mengimplikasikan visi dan misinya lagi, Zaidar menargetkan sekolah yang dipimpinnya itu dalam waktu dekat, “menuju sekolah Adiwinta,”. Tujuan supaya sekolah ini dapat jadi sebagai percontohan, baik dari segi kedisiplinan, sarana prasarana, dan hal lainnya, harapnya.

Disamping lain, Zaidar mengeluhkan kekurangan gedung sekolah yang tersedia.Ruangan pustaka belum ada, dan beberapa ruangan yang butuh pengrehapan ringan seperti ruangan pramuka, ruangan OSIS dan beberpa ruangan lainnya.  Sudah mengajukan permohonan 3 unit RKB (ruangan kelas baru) tapi hingga saat ini belum ada jawaban pemerintah Siak, akunya.

Visi dan Misi Zaidar Candra S.Pd SD, sebagai berikut,
Visi:
1. Mengaktualisasikan ilmu dalam bentuk sekolah sesuai dengan tingkat kompetensi yang dikuasai siswa
2. Menghargai dan berpartisipasi aktif dalam memelihara kebersihan dan keindahan lingkungan
3. Mengaktualisasikan nilai-nilai luhur dan budaya melayu dalam kehidupan sehari-hari
4. Mengaktualisasikan sikap iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari

Misi:
1. Memberikan keteladanan kepada peserta didik dan warga sekolah
2. Meningkatkan pelaksanaan pendidikan agama secara intensif
3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa mampu berkreatifitas dan berprestasi
4. Membiasakan memakai pakaian muslim di hari Jumat dan hari-hari agama islam di bulan puasa
5. Menciptakan lingkungan yang bersih, hijau, indah, nyaman, dan tertib
6. Melibatkan orang tua dan masyarakat untuk berperan aktif dalam mewujudkan sekolah yang kondusif.  (Sona)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>