Published On: Rab, Apr 12th, 2017

Mati Lampu ,UNBK Hari Ketiga Sedikit Terkendala

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,BENGKALIS  – Hari ketiga Rabu (12/4/207) pelaksanaan Ujian Nasional

Peserta UNBK ruang dua sesi kedua MAN Bengkalis tidak menjawab soal ujian karena lampu PLN mati, mereka tengah menunggu lampu hidup kembali Rabu (12/4/2017).

Peserta UNBK ruang dua sesi kedua MAN Bengkalis tidak menjawab soal ujian karena lampu PLN mati, mereka tengah menunggu lampu hidup kembali Rabu (12/4/2017).

Berbasis Komputer (UNBK) mata pelajaran Bahasa Inggris di MAN Bengkalis terkendala karena matinya listrik (PLN).

Listrik yang mati sekitar pukul 11.00 WIB sampai 11.50 WIB ini akibat terjadinya emergensi pada travo di depan Masjid Al Kautsar.

“Biasanya ada perpanjangan waktu ujian, kalau tidak bisa juga akan ada ujian susulan. Ada jadwalnya untuk kondisi-kondisi yang tidak dapat dihindari seperti ini (mati lampu, dan lainnya). Anak-anak peserta ujian tidak dirugikan, makanya saya sabar,” kata Hennirosifasari, MA ketua panitia UNBK di MAN Bengkalis dengan nada tawa.

Sebenarnya, Hennirosifasari selaku panitia telah menyiapkan sebuah genset sebagai antisipasi. “Tetapi karena listrik di MAN Bengkalis ini memiliki tiga blok, kita harus menyiapkan tiga genset,” terang Hennirosifasari.

“Kalaupun mau dicoba menggunakan genset ini itu dengan cara perblok secara bergantian tetapi teman-teman panitia masih menunggu (listrik hidup kembali).

Hennirosifasari mengaku pihaknya tidak ada menyurati pihak PLN, “Kemarin (Selasa, 11/4) kami sudah menghubungi seorang teman kami yang bekerja di PLN saat UNBK hari kedua sesi pertama karena lampu juga mati sekitar sepuluh atau lima belas menit yang saat itu peserta ujian tengah menjawab soal,” tambahnya.

Matinya listrik pada Selasa kemarin, menurut keterangan teman Hennirosifasari karena mesin black up, “Bukan pemutusan jaringan,” pungkasnya pula.

“Tapi tak masalah, kondisi-kondisi​seperti ini sudah ada sistemnya dari pusat, Insya Allah anak tidak dirugikan, jawaban mereka sudah terekam lagi pula anak-anak punya waktu panjang dan waktu pengerjaan soalnya berlebih-lebih,” tuturnya.

“Untuk peristiwa seperti ini yaitu mati lampu kita sedikit kecewa. Tapi itulah kondisi yang kami hadapi walaupun sebetulnya ini masih bisa ditanggulangi ke depan menggunakan alternatif yang lain, intinya ujian selesai dengan berkah mendapat nilai maksimal untuk kelulusan kami,” ungkap Muhammad Riansyah Tanjung seorang peserta UNBK yang duduk di luar ruangan bersama beberapa temannya sembari menunggu lampu hidup kembali.

“Kejadian ini (lampu mati) tidak kita sangka dan duga karena ada kerusakan. Kita segera menghubungi pihak PLN. Sekitar empat puluh lima menit yang terkendala. Mudah-mudahan tidak ada kendala kedepannya,” kata Kepala MAN Bengkalis Drs. H. Sudirman, MP saat menyaksikan pihak PLN memperbaiki yang rusak dan mengatakan lampu telah hidup kembali sekitar pukul 11.50 WIB.(Jun)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>