Published On: Kam, Jun 8th, 2017

MD Rizal Benahi Perpustakaan Dan Arsip Pelalawan

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,Pelalawan-Saat ini Perpustakaan Kabupaten Pelalawan telah menyediakan IMG201706061019028000 judul buku, dengan jumlah sebanyak 16000. Tinggal bagaimana upaya mendorong masyarakat untuk menggali ilmu pengetahuan dengan memperbanyak membaca, jelas kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Pelalawan,  MD Rizal,  M.Pd, kepada wartawan di kantornya Selasa (6/6).

Oleh karena itu,  ada berbagai hal yang perlu dibenahi,  terutama masalah infrastruktur. Soalnya, perpustakaan yang telah  tersedia saat ini kurang memadai, baik dari infrastrukturnya maupun dengan fasilistas yang ada. Hal itu dikarenakan perubahan Perpustakaan dan Arsip Pelalawan dari status kantor menjadi dinas. Maka itu Pemda Pelalawan telah merencanakan untuk membangun infrastruktur perpustakaan pada tahun 2018 yang akan datang. Bangunannya ditempatkan di gerai makan. Ditempat itu akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung supaya para pengunjung merasa senang dan enjoi. Lagi pula di gerai makan telah tersedia jaringan wifi yang akses jaringannya tinggi dan tidak lelet. Setelah insfratrukturnya telah memadai, baru tenaga pustakawan juga disediakan sesuai dengan kebutuhan, ujarnya.

Supaya pengunjung senang dan enjoi nantinya, dalam pembangunan infrastruktur itu juga disediakan beberapa ruangan.  Yaitu, ruangan khusus bagi pengunjung, mulai dari anak sekolah TK,  SD,  SMP,  bahkan ruangan SMA maupun dengan guru-guru, dan begitu juga dengan masyarakat umum, cetusnya.

Lanjutnya, kendaraan operasional sebagai perpustakaan keliling yang tersedia,  masih dua unit, dan umur kendaan itu sudah 8 tahun.  Idealnya sesuai dengan jumlah sekolah di Kabupaten Pelalawan ini,  kendaraan operasinal atau perpustakaan keliling itu,  harusnya ada 3 unit, papar mantan kepala Dinas Pendidikan Pelalawan itu.

“Jam buka perpustakaan kita telah ditambahkan dari sebelumnya. Biasanya hari Sabtu perpustakaan tutup,  sekarang dari Senin sampai Sabtu buka,” jelasnya.

Mengenai Arsip, saat ini sedang menulusuri naskah-naskah sejarah kuno. Kemudian juga dicoba dimenej melalui OPD (organisasi perangkat daerah)  yang ada di Kabupaten Pelalawan, dan melalui semua Parpol (partai politik), juga dengan perusahaan-perusahaan yang berivenstasi di Kabupaten Pelalawan, terangnya. (Redi/Sona)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>