Published On: Ming, Nov 19th, 2017

Memperingati hari kesehatan nasional sekretaris kesehatan menceritakan tentang sejarah.

Share This
Tags

Suarakedaulatan. Com-Di era tahun 50IMG_20171117_120902-an, hampir di seluruh daerah Republik Indonesia dilanda wabah penyakit Malaria. Untuk melakukan pemberantasan wabah penyakit Malaria, Pemerintah Republik Indonesia yang pada saat itu dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Pertama, Ir. Soekarno Hatta, membentuk Dinas Pemberantasan Malaria pada tanggal 12 November Tahun 1959 di desa Kalasan Jogjakarta.
.
Selanjutnya Dinas Pembasmi Malaria bekerja secara optimal untuk membasmi Wabah Penyakit Malaria, namun wabah penyakit Malaria yang menjadi momok penyakit Nasional ini belum juga dapat teratasi, kemudian pada tahun 1963, Dinas Pembasmi Malaria berubah nama menjadi Komando Operasi Pembasmian Malaria (KOPEM).
.
Dan selanjutnya Pemerintah Republik Indonesia, menyadari bahwa wabah penyakit Malaria yang hampir menyerang seluruh pelosok negera Indonesia ini tidak dapat diatasi sendiri oleh Negara Republik Indonesia.
.
Karena pada saat itu, Negara Republik Indonesia telah bergabung di PBB dan WHO, akhirnya USAID lembaga amerika yang bergerak dalam bidang kesehatan turut membantu pembasmian pada saat itu, dan Pemerintah Negara Republik Indonesia melaksanakan penyemprotan malaria ke semua rumah-rumah penduduk di seantero negeri Indonesia yang terjangkit wabah malaria untuk membasmi wabah Penyakit Malaria, dan berkat kerja sama negara Republik Indonesia dengan lembaga kesehatan Amerika tersebut akhirnya wabah penyakit malaria dapat dibasmi.
.
Berpedoman dengan hari dibentuknya Dinas Pembasmi Malaria yang ditetapkan pada tanggal 12 November Tahun 1959, maka Pemerintah Negara Republik Indonesia menetapkan tanggal 12 November Tahun 1959 tersebut sebagai Hari Kesehatan Nasional.
.
Sekretaris Dinas Kesehatan Kampar, Dedy Sambudi saat dikonfirmasi kru Medinas di ruang kerjanya, Jumat (17/11/2017).
Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, dr. Harris melalui Sekretaris Dinas Kesehatan, Dedy Sambudi kepada Kru Medinas Jum,at (17/11/2017) di ruang kerjanya, terkait sejarah singkat mengenai asal mulanya penetapan Hari Kesehatan Nasional tersebut.
.
Ketika ditanya terkait rangkaian kegiatan pada Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke – 53 yang jatuh pada tanggal 12 November Tahun 2017, Dedy Sambudi, sekretaris Dinas Kesehatan Kampar menyampaikan bahwa, “pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 Tahun 2017 ini, Dinas Kesehatan Kampar mengusung Tema ‘Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku’.
.
Dijelaskan Dedy Sambudi Sekretaris Dinas Kesehatan Kampar, bahwa untuk menyemarakkan Peringatan HKN ke 53 Tahun 2017 ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar melaksanakan beragam perlombaan di bidang kesehatan. Diantaranya, kegiatan lomba poster tentang kesehatan bagi siswa/i SMA/Sederajat, Lomba Pidato tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) khusus untuk siswa/i SMA/sederajat, Lomba Posyandu, Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan, Mulai dari dokter, bidan, dan petugas kesehatan lainnya.

Dalam rangka memperingati hari kesehatan nasional tersebut tampak hadir Bupati Kampar, H. Aziz Zaenal, SH.MH. Didampingi Wakil Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH. dan Yusri Sekda Kabupaten Kampar, Photo bersama dengan pemenang perlombaan yang di taja oleh Dinas Kesehatan Kampar dalam rangka semarakkan HKN ke 53 Tahun 2017.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>