Published On: Sen, Jan 1st, 2018

Mendukung Swasembada Pangan Nasional, Kodim 0318/Natuna Kembali Cetak Sawah Baru

Share This
Tags

 

Natuna, Suarakedaulatan.com — Dalam rangka mendukung program swasembada pangan nasional, untuk tahun 2017 cetak sawah baru di Kabupaten Natuna seluas 80 Ha, terdiri dari dua lokasi 68 Ha di desa Kelarik Utara ini dan 12 Ha di desa Sedarat Baru. Adapun tujuan dari cetak sawah ini adalah menambah luas baku lahan sawah dan menghasilkan produksi utamanya padi pada areal sawah baru.
IMG_20180101_120857Hal ini disampaikan Dandim 0318/Natuna Letkol. Inf Yusuf Rizal, S.Sos di desa Kelarik Utara Kecamatan Bunguran Utara Kabupaten Natuna, saat kegiatan tanam perdana pada lahan cetak sawah baru kerjasama antara Distanak Kab. Natuna dan Kodim 0318/Natuna. Rabu (31/12/2017).
Dandim juga menjelaskan, pemanfaatan lahan sawah yang baru dicetak merupakan kegiatan yang sangat perlu diperhatikan mengingat pada lahan tersebut mudah semak kembali, karena itu petani perlu dibina secara intensif dan difasilitasi dengan bantuan sarana produksi pertanian agar petani dapat segera mengusahakan lahan sawah tersebut secara berkelanjutan.
Kata Dandim lagi, “Benih padi yang kita tanam sekarang adalah varietas padi situ bagendit dengan sistem tanam untuk sementara ini sistem tugal karena saluran irigasi sedang dibuat dan kedepannya akan mengaliri 68 Ha sawah di desa Kelarik Utara ini yang memiliki 71 orang kelompok tani”, lanjut perwira melati dua ini.

 

Senada sebagai pernyataan Zapridin, Kades Kelarik Utara mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Pemda Kabupaten Natuna dan Kodim 0318/Natuna, “Saya mewakili masyarakat desa Kelarik Utara dan Desa Belakang Gunung berterima kasih kepada Distanak Kabupaten Natuna dan Kodim 0318/Natuna yang telah bersusah payah mewujudkan sawah di Kelarik Utara”,ungkap sang Kades.

 

Zapridin juga berharap adanya pembinaan secara intensif kepada petani pengarap karena rata-rata petani yang ada berlatar belakang sebagai nelayan. “Kami minta Bapak Dandim tolong sampaikan ke Distanak untuk melakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para petani karena latar belakang mereka adalah nelayan, kami tidak mau lahan yang sudah dibuka susah payah ini kembali menjadi semakin dan hutan. Maaf pak Dandim seharusnya ini kami sampaikan kepada Disatanak, namun karena tidak hadir kepada Bapak kami berbagi,” curhat orang nomor satu di desa Kelarik Utara ini.

 

Dengan adanya cetak sawah ini, kedepannya diharapkan mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat desa Kelarik Utara pada khususnya dan masyarakat Natuna pada umumnya.
Kegiatan tanam perdana ini dihadiri oleh Dandim 0318/Natuna beserta jajarannya, Kades Kelarik Utara, Kades Belakang Gunung, Tomas, serta Kelompok Tani dari desa Kelarik Utara dan desa Belakang Gunung. (OKI/Rozali)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>