Published On: Sel, Apr 12th, 2016

MTQ Provinsi,Kabupaten Karimun Siap Pertahankan Juara Umum

Share This
Tags

KARIMUN_SK.com – Kabupaten Karimun bertekad mempertahankan juara umum Musabaqah Tilawatil Quran tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan digelar pada 15 Mei 2016.

“MTQ tingkat Kabupaten Karimun merupakan ajang seleksi secara ketat dan jujur untuk mewujudkan tekad kita mempertahankan predikat juara umum MTQ tingkat Provinsi Kepri,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam pembukaan MTQ ke-8 tingkat Kabupaten Karimun di Tanjung Berlian, Kecamatan Kundur Utara, Sabtu (9/4) malam.

Aunur Rafiq meminta kepada seluruh qori dan qoriah utusan dari 12 kecamatan berkompetisi secara sportif dan sungguh-sungguh sehingga benar-benar layak mewakili Karimun dalam ajang MTQ tingkat provinsi.

“Juara umum MTQ provinsi yang diraih tiga kali berturut-turut merupakan sebuah semangat kita untuk meraih prestasi dan mengharumkan nama daerah,” kata dia.

Terlepas dari tekad yang kuat untuk mempertahankan juara umum MTQ provinsi, bupati juga mengingatkan kepada kaum muslimin, khususnya mereka yang terlibat dalam ajang lomba seni baca al Quran tersebut, agar memanfaatkan momentum tersebut sebagai ajang mempererat tali silaturahim.

MTQ, kata dia lagi, tidak hanya untuk meraih prestasi, tetapi juga menjadi sarana untuk membangkitkan semangat generasi muda agar gemar membaca al Quran dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sebagai satu dari empat azam Kabupaten Karimun, yaitu meningkatkan keimanan dan ketakwaan, maka ajang MTQ merupakan salah satu agenda yang menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah,” tuturnya.

Wakil Gubernur Kepri Nurdin Basirun yang hadir untuk membuka MTQ tingkat Kabupaten Karimun tersebut mengatakan, prestasi kabupaten berjuluk “Bumi Berazam” itu dalam ajang MTQ atau STQ sudah tidak diragukan lagi, baik di tingkat provinsi maupun nasional.

“Juara umum tiga kali berturut-turut membuktikan bahwa anak-anak Karimun memiliki prestasi dan bakat dalam membaca ayat suci al Quran. Masyarakat Karimun selalu antusias mengikuti MTQ, lihat saja pengunjung acara ini sangat ramai,” kata Nurdin yang satu periode menjabat Wakil Bupati Karimun dan dua periode menjabat Bupati Karimun,

Dia berpesan kepada para qori dan qoriah agar bersungguh-sungguh mengikuti setiap cabang MTQ yang diperlombakan sebagai tangga untuk meraih prestasi ke tingkat yang lebih tinggi.

MTQ ke-8 tingkat Kabupaten Karimun digelar sampai 13 April 2016, diikuti 12 kafilah dari 12 kecamatan, antara lain tuan rumah Kundur Utara mengutus 38 qori dan qoriah, Kecamatan Karimun 30, Meral Barat 30, Meral dan Tebing 29, Kundur 25, Kundur Barat, 23, Buru 23, Ungar, Moro dan Durai masing-masing 20 qori dan qoriah.

Sedangkan cabang-cabang yang diperlombakan yaitu cabang tartil tingkat anak-anak putera dan puteri, tilawah anak-anak putera dan puteri, tilawah remaja putera-puteri, tilawah dewasa putera-puteri, tilawah dewasa putera-puteri, syarhil, famil, hafidz quran 3 sampai 30 juz putera-puteri, tafsir Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia.

Malam pembukaan MTQ yang dihadiri sejumlah pejabat kabupaten dan provinsi tersebut disaksikan ribuan warga, tidak hanya dari Pulau Kundur, tetapi dari pulau-pulau di sekitarnya.

Mereka memadati arena bazar yang diisi stan berbagai kalangan, mulai dari pemerintah, swasta hingga pengusaha kecil dan kecil menengah.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>