Published On: Rab, Agu 2nd, 2017

Paguyuban Jawa Siap Dukung Program Pemerintah

Share This
Tags

BENGKALIS – Jawa, salah satu paguyuban yang ada

Pembina Paguyuban Jawa Kabupaten Bengkalis Mashuri Saat Diwawancara Usai Pawai Budaya Puncak Peringatan Hari Jadi Bengkalis Ke. 505 Tahun 2017.

Pembina Paguyuban Jawa Kabupaten Bengkalis Mashuri Saat Diwawancara Usai Pawai Budaya Puncak Peringatan Hari Jadi Bengkalis Ke. 505 Tahun 2017.

di Kabupaten Bengkalis ikut mewarnai negeri yang berjuluk Negeri Junjungan ini sehingga bagaikan pelangi terlihat indah berdampingan dengan warna-warna lainnya.

Mereka, Paguyuban Jawa tadi dengan kekayaan seni budayanya siap mendukung program Pemerintah Kabupaten Bengkalis memajukan sektor pariwisata sesuai visi yang telah ada.

Hal ini sebagaimana dipaparkan Mashuri, sesepuh Paguyuban Jawa kepada wartawan beberapa hari lalu, “Kita juga ikut menunjang program Pak Bupati (Amril Mukminin) untuk memajukan sektor pariwisatanya,” kata Mashuri yang lebih akrab disapa Mas Bagong ini.

Dalam Pawai Budaya sempena Hari Jadi ke-505 Bengkalis tahun 2017 lalu, sekitar 1.500 wargannya dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan, terlihat antusias mengikuti acara tahunan tersebut sebagai mana antusiasnya paguyuban yang lain.

“Kemarin Kecamatan Rupat, Bukit Batu, dan Siak Kecil mau ikut Pawai Budaya, tapi kita tidak ngasi karena tempatnya tak mengizinkan,” kata Mas Bagong.

Mas Bagong menambahkan, “Ada seni kaya (mirip,red) kuda lumping itu sudah hampir punah. Kita ikutkan mereka dalam pawai, supaya mereka termotivasi, bangkit, dan bersemangat. Ada 15 grup Reog yang ikut. Saat ini hanya ada 1 pendopo (Reog,red) di Bengkalis untuk mengayomi semua reog yang ada di kecamatan se-Kabupaten Bengkalis,” terang Mas Bagong yang juga Ketua KADIN Kabupaten Bengkalis ini lagi.

Masudi berencana, “Insya Allah, kedepannya akan ada festival reog di Bengkalis. Ini juga menjadi ikon menunjang pariwisata sesuai dengan program Kabupaten Bengkalis. 

Ada 27 grup Reog di Kabupaten Bengkalis yang akan memeriahkan festival Reog nantinya. Kapan waktunya, “Waktunya belum ditentukan, kita baru merencanakan,” tutup Mashuri.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>