Published On: Sab, Mei 20th, 2017

Pemda Pelalawan Genjot Pasokan Pangan

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,Pangkalan Kerinci-Demi mempertahankan pasokan beras bebas kimia, IMG20170519101811Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Pelalawan tengah genjot peningkatan produksi pangan.

Seluas 200 Ha lahan sawah di Desa Sungai Upih, Kecamatan Kuala Kampar, di bantu benih padi dari dana APBD Pelalawan yang telah diserahkan pada Tgl 13 April 2017 lalu. Lahan itu dikelola empat kelompok tani diantaranya, Kelompok Tani Sabar Menanti Satu, Sabar Menanti Lima, Sabar Menanti Dua dan kelompok tani Sabar Menanti, kata kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Pelalawan Ir, Syahfalefi, M.Si melalui Kasi Produksi Tanaman Pangan, Reza Harunsyah Putra Pulungan, SP, diruang kerjanya Jumat (19/05) di kantornya.

Baca juga:

Disampaikannya, 100 Ha lahan di Desa Sungai Solok, Kec. Kuala Kampar, juga telah disalurkan bantuan benih Jagung. Bantuan benih jagung itu diberikan kepada empat kelompok tani yaitu, Sinar Baru Lima, Sinar Baru Empat, Sinar Baru Tiga dan kelompok tani Sinar Baru. Rencananya, juga akan memberi bantuan kedelai seluas 10 Ha di Desa Betung, Kec. Pangkalan Kuras. Semuanya dibantu herbisida, bebernya.

Ini sebagai terobosan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pelalawan, untuk meningkatkan indeks pertama dalam meningkatkan produksi pangan di Pelalawan. “Kalau bisa, dalam satu tahun itu, dapat panen dua kali. Sehingga pasokan Beras Penyalai di Gerai yang baru dilouching beberapa hari lalu tidak akan putus”, ujarnya.

Tujuan utama yaitu, karena berdasarkan dengan evaluasi data statistik pada tahun-tahun lalu, produksi pangan selama ini menurun. Juga sebagai upaya dalam program peningkatan produksi, produktifitas dan mutu hasil produksi tanaman. Kemudian supaya Gerai beras penyalai tersebut tidak akan kosong, ungkapnya. (Son/Redi)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>