Published On: Sen, Okt 16th, 2017

Perpani Pengkab Bengkalis Cetak Atlet Panahan Berprestasi, Kini Menuju Kejurnas Di Banda Aceh

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,BENGKALIS – Di usianya yang kesepuluh tahun, Persatuan Panahan

Terlihat sebagian atlet Perpani Pengkab Bengkalis tengah serius mengikuti latihan beberapa waktu lalu.

Terlihat sebagian atlet Perpani Pengkab Bengkalis tengah serius mengikuti latihan beberapa waktu lalu.

Indonesia (Perpani) Pengurus Kabupaten (Pengkab) Bengkalis terus menampakkan jati diri sebagai olahraga yang atlet-nya diperhitungkan oleh Perpani Pengkab kabupaten kota di Riau, Insya Allah nasional dan negara tetangga.

Meskipun dengan ketersediaan alat-alat panahan yang masih belum memadai disebabkan habis masa pakai lem-nya, rusak dan lainnya, namun acungan jempol dari keluarga besar Perpani Pengkab Bengkalis atas perhatian Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkalis yang tetap memberikan kontribusi positif dengan menyediakan anggaran dana demi kemajuan cabang olahraga (Cabor) panahan di kabupaten yang berjuluk Negeri junjungan ini.

Pujian ini sebagaimana disampaikan Ketua Perpani Pengkab  Bengkalis Syahruddin (Kepala SMPN 8), Ketua Pembinaan Prestasi Dydes Irgantara (Guru SMPN 7) serta Pelatih Fisik Iskandar (Guru SDN 23 Meskom) kepada Koranriau.net di tempat terpisah beberapa waktu lalu.

Dibawah pembinaan dan bimbingan tiga orang pelatih ini yang diperkuat oleh Samsul Bahri (Guru SDN 54), telah menunggu di depan mata pundi medali panahan untuk dibawa pulang ke Bengkalis dalam ajang Kejuaraan Nasional Panahan di Banda Aceh pada tanggal 29 Oktober sampai 6 November 2017 yang hanya menghitung hari saja.

“Joko Pranoto, atlet panahan kita alumni dari SMPN 7 Bengkalis akan tampil pada divisi recuve jarak 70 meter. Kemudian ada Muhammad Syafii (mahasiswa STAIN Bengkalis) yang alumni SMPN 7 juga yang saya latih sejak kelas I SMP pada Kejurnas di Lampung kemarin mendapatkan medali perak. Serta Fahrul Rizal yang sekarang kuliah di Pekanbaru. Ketiga atlet ini dinyatakan lolos verifikasi dalam Kejurda pada 29 September sampai 1 Oktober di Siak Sri Indrapura baru lalu,” kata Dydes Irgantara.

Dengan 3 atlet milik Perpani Pengkab Bengkalis, dalam Kejurnas di Banda Aceh nanti, Dydes Irgantara menargetkan paling tidak Perpani Pengkab Bengkalis akan mendapatkan medali perak.

Sementara itu, Syahrudin menuturkan, “Persiapan tiga atlet panahan sudah oke dan alat-alat yang rusak sudah diperbaiki. Hingga saat ini tidak ada masalah yang dihadapi kita hanya menunggu calling dari provinsi (Riau) karena sebelum berangkat ke Banda Aceh, mereka akan mengikuti Training Center selama tiga hari di Pekanbaru,” kata Syahrudin kepada Koranriau.net, Sabtu (14/10/2017) malam.

Regenerasi atlet-atlet panahan dilakukan Syahruddin dengan menerima anggota baru tanpa dipungut bayaran untuk ikut bergabung di Perpani Pengkab Bengkalis dan tanpa persyaratan khusus.

“Dalam media sosial saya tuliskan, yang mau bergabung di Perpani, datanglah. Tahun lalu seramai 35 anggota baru kita tapi lama kelamaan semakin berkurang sehingga hanya bertahan lima orang saja sampai saat ini,” ungkapnya.

Panahan ini menurut Syahruddin adalah olahraga yang memuakkan. “Habis nembak (memanah) maka atletnya mengambil sendiri anak panah tadi. Tembak lagi ambil lagi, tidak sama dengan olahraga lain misalnya futsal, voli dan lainnya. Selain itu, panahan ini juga olahraga melawan diri. Kalau diri mereka bagus, fokus maka anak panah juga akan bagus mengenai sasaran. Sebaliknya kalau dirinya tidak seimbang tak tentu arah, tak bisa. Makanya, atlet-atlet panahan itu agak pendiam orangnya,” pungkasnya pula.

Perpani Pengkab Bengkalis telah menjalin kerjasama diantaranya bersama Kodim 0303/Bengkalis untuk pembinaan panahan tradisional dengan memberdayakan peralatan panahan dari pengrajin lokal. Kerjasama juga dijalin dengan Kejaksaan dan Polres Bengkalis dengan menciptakan pembinaan pada Club Panahan.

Melalui media ini, keluarga besar Perpani Pengkab Bengkalis mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bengkalis karena kerjasama yang terjalin selama ini sangat baik walaupun masih ada sedikit kendala terutama pada peralatan.(Rls)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>