Published On: Kam, Mar 31st, 2016

Persiapan MTQ Karimun Tinggal Finishing

Share This
Tags

Balai(Sk.com)- Persiapan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tigkat Kabupaten Karimun yang akan digelar di Kecamatan Kundur Utara pada 9 April mendatang sampai saat ini sudah mencapai 85 persen. Tinggal mempersiapkan beberapa perlengkapan yang masih belum mencukupi.

Sedangkan lokasi pemondokan para kafilah, dipastikan akan menumpang menginap di rumah-rumah warga sekitar. Pihak panitia telah menyediakan dua unit rumah berukuran cukup besar untuk seluruh peserta dari 12 kafilah di 12 Kecamatan.

Camat Kundur Utara, Muhammad Yunus mengatakan, saat ini tinggal finishing beberapa perlengkapan di lokasi astaka, persisnya berada di Pesisir Pantai Tanjungberlian Kundur Utara yang tidak jauh dari pelabuhan Tanjung Berlian dengan jarak hampir 50 meter menuju astaka.

“Kalau tempat menginap peserta kita sediakan dua unit rumah ukuran besar milik warga sekitar dan akan dipisah antara laki-laki dan perempuan. Kecuali untuk penginapan dewan hakim ditempatkan di hotel yang letaknya ada di Kecamatan Kundur. Kalau persiapan kita secara umum sudah 85 persen, astaka saat ini sudah 90 persen siap,” kata Yunus, Selasa (29/3).

Direncanakan acara akan dibuka oleh Gubernur Kepri atau Wakil Gubernur Kepri pada Sabtu malam pekan depan (9/4). Beberapa rangkaian acara lainnya antara lain sehari sebelum pembukaan dilaksanakan penyambutan peserta para kafilah yang semuanya sudah harus tiba ke lokasi acara. Kemudian pada hari pelaksanaannya diawali dengan pelantikan dewan hakim sekitar pukul 09.00 WIB, setelahnya dilanjutkan peresmian pameran stand bazar di arena MTQ.

“Rencananya akan diikuti puluhan stand bazar, tapi yang dinilai hanya stand pameran dari pemerintahan seperti stand kecamatan, stand PKK dan stand Bappeda dengan jumlah keseluruhan 15 stand. Sedangkan stand umum sifatnya hanya hiburan sekalian berjualan dan meramaikan saja,” kata Yunus.

Setelah itu lanjutnya, pada pukul 14.00 WIB dilanjutkan dengan pawai ta’aruf dengan rute dari SDN 002 Tanjungberlian menuju Tugu Nanas. Acara berlanjut dengan malam pembukaan MTQ tingkat Kabupaten pada pukul 20.30 WIB.
“Acara berlangsung selama sekitar empat hari dan akan ditutup ada 13 April. Mudah-mudahan persiapan kita sampai menjelang pelaksanaan nanti benar-benar matang,” katanya. (HK)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>