Published On: Kam, Mar 31st, 2016

Polres karimun Musnahkan 637 Gram Sabu

Share This
Tags

ILUSTRASIKARIMUN (sk.com)-Satuan Reserse Narkoba Polres Karimun memusnahkan 637 gram narkotika jenis sabu-sabu. Pemusnahan sabu-sabu tersebut dilakukan dengan cara direndam dengan air panas dalam sebuah ember di ruang Rupatama Mapolres Karimun, Rabu (30/3).

Larutan sabu-sabu bernilai ratusan juta rupiah tersebut kemudian dibuang di septik tank.

Kasat Resnarkoba Polres Karimun AKP Hendrianto mengatakan, sabu-sabu yang dimusnahkan itu berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun yang memutuskan bahwa barang bukti tersebut harus dimusnahkan. Sabu-sabu itu milik tersangka atas nama Azhar bin Arifin yang saat ini ditahan di Rutan Karimun.

“Sabu-sabu yang kami musnahkan hari ini sebanyak 637 gram, yang terdiri dari empat kasus jumlah masing-masing 245,3 gram, satu paket sabu-sabu 238,67 gram, satu paket sabu-sabu dengan jumlah 54,8 gram dan satu paket sabu-sabu sebanyak 54,07 gram. Pemusnahan ini sebagai bentuk komitmen kami dalam memberantas narkoba di Karimun,” ungkapnya.

Kata Hendrianto, pemusnahan tersebut dilakukan agar barang bukti tidak disalah gunakan. Selain itu, sebagai bentuk wujud keseriusan Polres Karimun dalam menjalankan Operasi Bersinar (Berantas Sindikat Narkoba) yang sudah dimulai sejak 21 Maret dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

Dijelaskan, sabu-sabu yang dimusnahkan sebanyak 637 gram tersebut merupakan tangkapan pihak KPPBC Tanjungbalai Karimun pada 9 Maret 2016 lalu dari tangan tersangka Azhar bin Arifin, seorang warga negara Malaysia di Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun. Dia ditangkap petugas saat tertangkap di mesin pemindai x-ray.

Menurutnya, selama kurun waktu Januari hingga Maret 2016 ini, Satresnarkoba Polres Karimun telah menangani sebanyak 35 kasus narkoba dengan menyeret 57 orang sebagai tersangka. Pengungkapan peredaran narkoba tersebut ada yang ditangkap oleh anggota Polres Karimun dan juga pelimpahan dari pihak Bea Cukai.

Kepala Seksi Penegahan Dan Penindakan (P2) KPPBC Tanjungbalai Karimun, Andi Chusnadi Prihadiwan mengatakan, Bea Cukai dan Polres Karimun akan terus berkomitmen dalam memberantas peredaran narkotika di Karimun, dengan menjaga ketat semua lini yang diduga sebagai pintu masuk narkoba.

“Kami akan terus bersinergi dengan Polres Karim

ILUSTRASI

un untuk memberantas peredaran narkoba. Sesuai dengan tugas Bea Cukai, mengawasi dan memeriksa setiap barang masuk dari luar negeri ke Karimun. Kalau dari pemeriksaan ditemukan adanya penumpang kapal dari luar negeri membawa narkoba maka langsung kami amankan,” pungkasnya. (hk)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>