Published On: Sel, Jun 14th, 2016

Presiden Jokowi Resmi Hapus 3.143 Perda Bermasalah

Share This
Tags

Jakarta.sk.com – Presiden Joko Widodo atau Jokowi  resmi menghapus ribuan peraturan daerah (perda) yang menghambat pertumbuhan ekonomi dan bertentangan dengan peraturan yang dibuat pemerintah pusat.

“Saya sampaikan bahwa Mendagri sesuai dengan kewenangannya telah membatalkan 3.143 Perda yang bermasalah tersebut,” kata Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Jokowi menyampaikan ribuan perda tersebut terdiri dari 4 kategori. Pertama, ‎meliputi perda yang menghambat pertumbuhan ekonomi daerah. Kedua, per

Presiden Republik Indonesia Jokowidodo

Presiden Republik Indonesia Jokowidodo

da yang memperpanjang jalur Birokrasi.

“Ketiga, Perda yang hambat perizinan investasi dan menghambat kemudahan usaha, dan perda yang bertentangan dengan Undang-Undang,” tegas Jokowi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Perda yang dibatalkan ini merata di semua daerah di Indonesia. “Penghapusan ini tidak terkait itu (kasus razia warteg Saeni, di Serang). Ini berkaitan dengan ekonomi,” ucap Tjahjo.

Sesuai dengan Presiden Jokowi, Tjahjo menuturkan, perda yang akan diumumkan telah dicabut merupakan regulasi yang dianggap menghambat investasi, perizinan, dan retribusi.

Sementara penilaian lain seperti bertentangan dengan undang-undang  dan diskriminasi akan masuk pada tahapan berikutnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai, pemerintah memang harus memangkas aturan yang bermasalah tersebut. Alasannya terlalu banyak persoalan yang terjadi di daerah karena berbelitnya aturan.

“Itu baru masalah perda, belum lagi masalah peraturan menteri, surat edaran, dan peraturan pemerintah,” Tjahjo menandaskan.

 

editor : Eef

Sumber: Liputan6.com

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>