Published On: Kam, Mei 4th, 2017

Program TMMD Adalah Wujud Nyata TNI Dalam Membangun Daerah Trisolir Dan Merperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa.

Share This
Tags
IMG-20170427-WA0015Suarakedaulatan.com,NATUNA-Dilaksanakannya kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Dusun Segeram Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat Kabupaten Natuna merupakan wujud nyata TNI dalam membantu dan mengembangkan wilayah trisolir yang ada di indonesia.
Semenjak  dibentuk pada tahun 1980 yang mana awal mulanya  TMMD bernama Tentara Masuk Desa telah melaksanakan berbagai program yang membantu dan mengembangkan daerah trisolir di berbagai wilayah indonesia.
Kabupaten Natuna yang geografis wilayahnya terdiri dari pulau-pulau kecil sudah pasti membuat Pemerintah Kabupaten Natuna tidak bisa bekerja maksimal dalam membangun daerahnya. Semenjak berdirinya Kabupaten Natuna pada tahun 2009 silam, berbagai pembangunan telah dilakukan untuk menunjang perekonomian daerah pengahasil migas ini. namun pembangunan yang dilakukan belum merata dan masih ada bagian wilayah di Natuna yang belum mendapatkan porsi pembangunan yang memadai.
Dengan adanya Program TMMD ini paling tidak bisa meringankan beban pemerintah Kabupaten Natuna dalam membangun daerah-daerah yang masih minim pembangunan. Dipilihnya Dusun Segeram sebagai fokus TNI dalam melaksanakan program TMMD 2017 paling tidak sudah membantu menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) Pemerintah Kabupaten Natuna yang belum terselesaikan hingga saat ini.
Informasi yang dihimpun media ini, Dusun Segeram merupakan Kampung awal terciptanya Kabupaten Natuna, namun semenjak dimekarnya Kabupaten Natuna pada 2009 silam, Segeram masih minim akan pembangunan. Untuk akses jalan penghubung dan Listrik yang seharusnya menjadi pengerak perekonomian warga hingga saat ini tidak pernah dibangun. Listrik tenaga surya yang pernah sampai di dusun ini beberapa tahun silam hanya mampu beroperasi 5 bulan dan hingga kini belum bisa diselesaikan pemerintah daerah.
“Pernah kami dibantu listrik dari tenaga surya, namun hanya bisa beroperasi 5 bulan dan saat ini keadaanya sudah rusak. Saya sudah menemui pihak terkait, namun sampai saat ini belum ada penyelesaiannya,”. Ungkap Sumiyati Ketua RW 07 Dusun Segeram dengan suara yang serak seperti orang sedih.
Dusun yang dahulunya ditempati 36 Kepala Keluarga ini, kini yang bertahan dan menetap hanya 33 kepala keluarga. Berkurangnya warga didusun ini dikarenakan minimnya akses jalan penghubung dan transfortasi laut yang tidak pasti. “Warga segeram ini pindah oleh karena untuk men-sekolahkan anaknya di jenjang SLTP dan SLTA,”. Jelas Wanita yang sudah lama menjabat tugas RW ini.
Namun kesedihan dan kepedihan yang di derita warga segeram tidak lama lagi akan terobati dengan adanya kegiatan TMMD di dusun tersebut. Akses jalan penghubung antara Dusun Segeram dengan Kelarik Kecamatan Bunguran Utara yang telah lama menjadi dambaan warga segeram telah dibuka, MCK pun sudah dibangun. “Saya Ketua RW 07 dan atas nama warga Segeram sangat berterima kasih kepada pihak TNI yang telah memfokuskan kegiatan TMMD di Dusun kami, semoga kegiatan ini terus berlanjut dan bisa membantu daerah kami ini,”, Harap Sumiyati dengan suara yang masih serak.
Dibangunnya Dusun Segeram melalui kegiatan TMMD ini sudah sesuai dengan tujuan dari TMMD itu sendiri. Seperti yang kita ketahui Tujuan dari TMMD ini sendiri adalah untuk membantu membangun daerah atau wilayah yang tertinggal, melalui program ini diharapkan akan meningkatkan taraf hidup dan kualitas masyarakat desa sebagai sumber kekuatan dalam melaksanakan Sistem Pertahanan Rakyat Semesta. Keberhasilan pembangunan desa berarti meningkatkan pemerataan tingkat kesejahteraan yang hasil-hasilnya akan menuju kepada terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Desa secara keseluruhan merupakan basis Ketahanan Nasional bagi seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Tema dari kegiatan TMMD 2017 yang difokuskan di Kabupaten Natuna ini adalah
“Dengan Semangat Kemanunggalan TNI Dan Rakyat
Kita Percepat Pembangunan Daerah
Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Keutuhan NKRI”
Tasrib Amran yang mewakili Bupati Natuna mengatakan, pemerintah Kabupaten Natuna mengapresiasi yang sebesar-besarnya untuk Danrem 033 Wira Pratama Kepulauan Riau, karena telah menetapkan Kabupaten Natuna khususnya untuk Kecamatan Bunguran Barat dan Kecamatan Bunguran Utara menjadi lokasi penyelenggaraan rangkaian kegiatan TMMD ke-98.
“Kami berikan aprisiasi kepada TNI karena melalui program TMMD ini sangat membantu dalam upaya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana umum yang nantinya akan memberikan dampak positif untuk menunjang berbagai aktifitas masyarakat,” ungkap Asisten 1 Bupati Natuna.
Dari data yang diperoleh, beberapa kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan diKabupaten Natuna  diantaranya, pembukaan jalan sepanjang 5,125 KM yang menghubungkan antara Dusun Segeram Kelurahan Sedanau Kecamatan Bunguran Barat dengan Desa Kelarik Kecamatan Bunguran Utara, Rehab mushola An – Nur di Desa Air Mali Kecamatan Bunguran Utara, Pembuatan 4 unit MCK masyarakat Dusun Segeram Kelurahan Sedanau Kecamatan  Bunguran Barat, Pembuatan 1 unit MCK SDN 015 Segeram Kecamatan Bunguran Barat dan kegiatan sosial sunatan massal 43 anak-anak Kecamatan Bunguran Utara.
Laporan : M. Rozali
Ka. Biro Suara Kedaulatan Online Kabupaten Natuna

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>