Published On: Jum, Jun 16th, 2017

Ramadhan Ceria “Desa Pangkalan Batang Barat Gelar Pesantren Kilat”

Share This
Tags

BENGKALIS – Untuk membentuk generasi Islami yang memiliki pemikiran, perasaan, dan perilaku IMG_20170615_161645_HDRyang mulia kemudian teguh menjaga aqidah dan tulus dalam berperilaku sosial, Tingkap Kreatif bekerja sama dengan Persatuan Pemuda dan Remaja Kampung Parit menggelar Kegiatan Ramadhan Cerita.

Acara yang mirip pesantren kilat ini dilaksanakan di MDA Annahdatut Diniyah Awaliyah Dusun Kampung Parit, RT 013, RW 03 Desa Pangkalan Batang Barat selama 4 hari. Dimulai pada Kamis (15/6) sore dan berakhir pada Minggu (18/6) yang dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama.

Seramai 40 peserta seusia pelajar SD dan SLTP ikut dalam acara ini. Mereka berasal dari 4 desa, Desa Pangkalan Batang Barat, Sebauk, Pangkalan Batang, dan Desa Kelapapati.

Yulfi Yendri, ST, sang konseptor acara bersama Ashela Risha yang alumni guru Indonesia Mengajar di Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2016 silam adalah 2 diantara 4 orang pengurus Tingkap Kreatif merupakan alumni SMAN 1 Bengkalis.

“Anak-anak dengan segala vitalitasnya menyimpan sejumlah potensi yang patut dikembangkan agar mereka sukses di jamannya. Ini tergantung kepada keseriusan dalam menanggapi suatu informasi,” ungkap Yulfi Yendri kepada media ini Kamis (15/6/2017) sesaat setelah acara dibuka.

Antusias peserta sangat tinggi, biasanya setiap petang mereka sekedar main di rumah saja. “Hari ini mereka mendapatkan ilmu pengetahuan dan pengalaman dari kakak-kakak pemateri. Materi yang diberikan dalam Ramadan ceria ini diantaranya kisah nabi dan rasul, menjaga kebersihan, cerdas cermat, gotong royong. Di akhir acara kepada seluruh peserta akan diberikan sertifikat,” tutup Yelfi Yendri yang S1 di Universitas Islam Riau ini.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan Ramadhan Ceria ini, anak-anak kita akan mendapatkan ilmu dan pengalaman berharga yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Yeyen, ​ Ashela Risha guru Indonesia Mengajar, dan kepada seluruh panitia. Pengalaman Ashela Risha bagi peserta walau dalam waktu singkat 4 hari dapat menimba ilmu yang sebanyak-banyaknya. Mudah-mudahan kegiatan ini akan berlanjut di masa-masa akan datang dan pesertanya bertambah ramai berasal dari desa-desa yang lain di kecamatan Bengkalis ini,” tutur Kepala Dusun Kampung Parit Rusli setelah membuka acara.

Saat materi hari pertama sekitar pukul 18.00 WIB, wajah ceria anak-anak terlibat jelas, tetap bersemangat meskipun mereka tengah berpuasa.(Jun)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>