Published On: Rab, Agu 30th, 2017

Siswa SMPN 3 Pkl Kerinci Pencuri Soal Ujian Di Berhentikan

Share This
Tags

Pelalawan-suarakedaulatan.com,
Sebanyak 7 (tujuh) orang siswa SMPN 3 PangkalanIMG20170830082251 Kerinci yang terlibat pencurian soal/kunci jawaban ujian, satu dipecat, enam kawan lainya diberi sanksi, jelas kepala SMP Negeri 3 Pangkalan Kerinci, Zulfiandry M.Pd Rabu (30/8/17) kepada media ini saat ditemui dikantornya di BLP, kota Pkl Kerinci, Kab. Pelalawan.

Awalnya setelah penerimaan raport, kepada siswa inisial HA saya menganugerahkan reward sebagai siswa berprestasi karena nilainya 100. Beberapa lama kemudian, mungkin ada diantara mereka yang kecoplosan mengakuinya, sehingga hal itu ketahuan.

Setelah ditelusuri, dalam menjalankan aksinya siswa yang bersangkutan mencongkel jendela kaca untuk masuk. Setelah mendapatkan soal ujian, HA sendiri membagikan soal dan kunci jawaban ujian itu kepada enam orang  temannya.  Dari pengakuannya, HA sudah enam kali bereaksi masuk lewat jendela itu mengambil barang-barang koperasi yang ada dalam ruangan itu. Setelah ditotalkan koperasi sekolah mengalami kerugian kurang lebih Rp 3 juta, jelasnya.

Lanjutnya, dikhawatirkan perbuatannya terulang lagi, sekolah memutuskan mengeluarkannya. Saat dikeluarkan, kepadanya diberikan surat pindah agar bisa melanjutkan sekolah ditempat lain.

Kepada enam orang temannya yang terlibat mengambil soal dan kunci jawaban ujian itu, diberi sanksi dengan mengganti rugi barang koperasi yang telah hilang. Lalu orang tua mereka dipanggil dan dibuat perjanjian tertulis diatas materai. Mereka berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya, dan ada beberapa poin ketentuan yang tidak boleh dilanggar para siswa itu. Jika melanggar salah satu poin saja, pihak sekolah berhak memecat tanpa ditolerir lagi, tegasnya.

Harusnya soal ujian yang sudah bocor tidak boleh dipergunakan oleh sekolah. Akan tetapi kebocoran soal ujian itu diketahui setelah pembagian raport kepada siswa. Maka mau tidak mau hasil ujian tersebut tetap dipergunakan juga, imbuhnya. (Sona)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>