Published On: Sel, Apr 19th, 2016

Suparman Tunda di Lantik Masyarakat Rohul Menangis

Share This
Tags

Tim pengamanan sudah melakukan gladi resik, sebagai tanda acara pelantikan sudah siap dilaksanakan (Foto : Ist)

Tim pengamanan sudah melakukan gladi resik, sebagai tanda acara pelantikan sudah siap dilaksanakan (Foto : Ist)

PEKANBARU_SK.com – Pelantikan Bupati-Wakil Bupati terpilih Kabupaten Rokan Hulu Suparman-Sukiman dan Bupati-Wakil Bupati Pelalawan Provinsi Riau, ditunda. Alasannya, ada kawat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Senin, (18/4) tengah malam.

Ratusan warga Rokan Hulu yang telah menerima undangan untuk menghadiri acara pelantikan kecewa, bahkan sebagian besar menangis di depan pintu masuk gedung DPRD Riau.

Mereka menuntut masuk ke dalam gedung, menanyakan alasan penundaan pelantikan.“Kami sudah datang jauh-jauh dari Rokan Hulu, untuk melihat kepala daerah kami yang terpilih Suparman-Sukiman dilantik, ternyata acara pelantikannya ditunda”, kata Arisman anggota DPRD Rohul sambil meneteskan air mata.

Setelah bernegosiasi dengan ratusan petugas yang disiagakan di depan kantor DPRD Riau, warga Rohul itu pun diijinkan masuk menemui Plt Gubri, Kapolda Riau dan unsur Pimpinan DPRD Riau.

Plt Gubri Arsyadjuliandi Rachman didampingi Kapolda Riau Brigjen Supriyono, Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo dan Manahara Manurung menerima warga Rohul di ruang Medium DPRD Riau.

Pada kesempatan itu, Zulkarnain Wakil Ketua DPRD Rohul yang bertindak sebagai juru bicara masyarakat mempertanyakan kepada Plt Gubri dan unsur Pimpinan DPRD Riau, alasan penundaan pelantikan.

Saat itu Zulkarnain mengatakan, penundaan pelantikan itu bagaikan racun yang dikirimkan Mendagri kepada masyarakat Rokan Hulu. Sebab, semua persiapan pelantikan sudah terlaksana dengan baik, namun tanpa diduga-duga, datang kawat yang mengatakan pelantikan ditunda. “Ada apa ini,” ujar Zulkarnain sambil menangis.

Plt Gubri Arsyad juliandi Rachman membenarkan bahwa pelantikan dua kepala daerah dalam hal ini Bupati-Wakil Bupati Rokan Hulu dan Pelalawan ditunda, karena adanya kawat dari Mendagri yang dikirimkan Senin (18/4) tengah malam.

Adapun isi kawat tersebut antara lain, agar pelantikan kepala daerah Rokan Hulu ditunda sesuai koordinasi Mendagri dengan tim penegak hukum. Penundaan pelantikan dilakukan hingga keluar kebijakan pemerintah yang baru.

Untuk mengisi kekosongan, pelaksana tugas harian dipercayakan kepada Sekda Rokan Hulu. Mendengar penjelasan Plt Gubri, warga Rokan Hulu yang memadati ruangan langsung bersorak.

“Ada apa ini, berarti sudah ada konspirasi antara Achmad Bupati Rohul sekarang dengan Mendagri, karena isu pembatalan pelantikan ini sudah beredar di Rokan Hulu sejak dua minggu lalu,” kata Arisman.

Mendengar pertanyaan tersebut, Plt Gubri mengatakan pihaknya baru menerima kawat penundaan pelantikan dari Mendagri Senin (18/4) malam. Keputusan berada di pusat, kami hanya menjalankan sesuai instruksi. “Kami mohon masyarakat Rokan Hulu dapat bersabar dan menahan diri,” ujar Arsyad Juliandi Rachman.

Menurut Andi sapaan akrab Plt Gubri, pihaknya tak dapat berbuat banyak karena kewenangan melantik di tangan Mendagri atas persetujuan Presiden RI. “Kami atas nama Pemprov Riau meminta maaf kepada masyarakat Rohul dan tamu undangan. Kami sebagai perwakilan pemerintah pusat harus mengikuti aturan yang berlaku”, ujarnya.

Di tempat yang sama, Kapolda Riau Brigjen Supriyanto mengungkapkan, mereka baru tahu acara pelantikan ditunda pada Senin malam. Tim pengamanan sudah melakukan gladi resik, sebagai tanda acara pelantikan sudah siap dilaksanakan, kata Kapolda.

Usai acara pertemuan di ruang Medium, ratusan masyarakat keluar sambil bersorak-sorak, “Harga mati, Suparman-Sukiman harus dilantik.”

Di tempat terpisah, Suparman Bupati terpilih Rokan Hulu saat ditemui di kediaman Jl Fajar Pekanbaru, tidak mau berkomentar. Suparman yang saat itu sedang melakukan acara hajatan aqiqah keluarganya tidak banyak berkomentar. “No comment dulu ya. Nanti ada waktunya untuk menanggapi semuanya,”kata Suparman sambil berlalu. netralitas.com

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>