Published On: Rab, Mei 17th, 2017

Tingkatkan Profesional, Satpol PP,Damkar,dan Penanggulangan Bencana Natuna IKuti Pusdiklatkar Dijawa Timur

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,Natuna — Untuk meningkatkan sumber daya aparatur disatuan Satpol-PP IMG-20170517-WA0004dan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran. Kabupaten Natuna mengirimkan 7 anggota sebagai peserta dalam kegiatan Pusdiklatkar di Ciracas Jawa Timur.

Kegiatan Pusdiklatkar ini diikuti anggota pemadam kebakaran seluruh indonesia. Agenda kegiatan ini yaitu, Diklat Pemadam I yang berlangsung selama 45 jam, pelaksanaannya selama 5 hari dari tanggal 20-24 Februari 2017.

Pelatihan Damkar di Ciracas Jawa Timur saat itu dibuka secara langsung oleh Kepala Pusdiklat Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Edy Rudiyanto, S.K.M, M.Si.

Said Muchdar, S.Sos sebagai pptk kegiatan ini saat ditemui di kantor Satpol-PP dan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kabupaten Natuna mengatakan, Natuna ini sering terjadi kebakaran, maka dari itu dengan adanya kegiatan pelatihan seperti ini bisa menjadikan anggota lebih profesional dalam menjalankan tugas dilapangan.

“Supaya bisa meningkatkan pengetahuan dan profesional anggota Penanggulangan Bencana dan Kebaran,”. Ungkapnya.

Selian itu, para anggota disana dilatih tata cara mengunakan peralatan pemadam kebakaran, semua pelatihan tersebut didampinggi oleh Instruktur yang sudah profesional  bidangnya.

“Di Ciracas, anggota mendapat berbagai pelatihan tata cara yang baik dalam penggunaan alat pemadam kebakaran, ,” Tambahnya .

Selian mengikuti Pusdiklatkar di Ciracas, anggota Satpol-PP dan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran juga mengikuti pelatihan Scuba. Pelatihan ini berlangsung di kabupaten natuna. Kegiatan pelatihan Scuba ini dibuka oleh Kabid Damkar dan Penanggulangan Bencana, Mamid Suryadi yang dihadiri oleh Instruktur dari POSSI Pusat, Rio Hariyanto.

” Kita juga melaksanakan kegiatan Scuba Diver A1 yang berlangsung 4 hari dari tanggal 20-23 April,” jelasnya lagi.

“Semoga nanti  setelah para anggota mengikuti pelatihan ini, kedepannya Kabupaten Natuna bisa berpartisipasi dengan mengirim anggota untuk mengikuti pelatihan lebih tinggi,”. Harap Said

Ditanya mengenai kelengkapan sarana dan prasarana penanggulangan bencana dan kebakaran Natuna, saat ini kata Muchdar, “masih diajukan dan semoga nantinya bisa terpenuhi,”.  Saat bersamaan Zainal Abidin, kepada Kasi Sumber Daya Aparatur Satpol-PP dan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Natuna yang juga satu ruangan ketika wawancara berlangsung ikut menjawab pertanyaan media ini, beliau mengatakan, “saat ini perlengkapan seperti baju tahan panas yang mana sangat penting ketika anggota menangani kebakaran dilapangan sudah lengkap. Namun untuk antisipasi kedepannya jika ada pembagian poswil kerja, baju tahan panas ini diajukan lagi. Untuk perlengkapan pemadam kebakaran lainnya juga masih diusulkan,”Ungkapnya..

Said Muchdar atas nama pribadi dan anggota juga mengucapkan terimakasih kepada Kasi Sumber Daya Aparatur Satpol PP dan Penanggulangan Bencana dan Kebaran Natuna, karena dengan bimbingan beliau dan semangat yang diberikan, kita bisa mengirim  anggota untuk menjalani pelatihan ini. Zali

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>