Published On: Ming, Okt 16th, 2016

TP-PKK Pangkalan Batang Barat Taja Pelatihan Menyulam 12 Jam

Share This
Tags

BENGKALIS – Dalam upaya pemanfaatan waktu luang dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi

Saparida (jilbab hitam) mendampingi sulaman terbaik 1, 2, dan 3 di sebelah Aida (jilbab merah) nara sumber yang dulu belajar dari Saparida.

Saparida (jilbab hitam) mendampingi sulaman terbaik 1, 2, dan 3 di sebelah Aida (jilbab merah) nara sumber yang dulu belajar dari Saparida.

kaum ibu, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) desa Pangkalan Batang Barat melaksanakan pelatihan menyulam.

Acara yang diikuti 13 orang kaum ibu utusan 13 RT yang ada ini digelar selama 6 hari sejak Senin 10 November lalu sampai hari Sabtu 15 Oktober 2016. Tempat pelatihan dengan memanfaatkan ruang aula kantor desa.
“Alhamdulillah, dengan dana Rp. 5 juta rupiah, pelatihan menyulam ini kami laksanakan dengan maksimal. Dana tersebut digunakan untuk honor 2 orang nara sumber, uang saku 13 orang peserta, bahan praktikum yang terdiri kain, jarum, pita, benang sulam, ram, dan snack peserta selama enam hari kegiatan pelatihan ini,” ungkap nara sumber Aida kepada Koranriau.net Sabtu (15/10/2016).

“Dulu saya belajar menyulam ini semasa desa Pangkalan Batang Barat belum dimekarkan dari Pangkalan Batang. Waktu itu yang menjadi nara sumber Ibuk Saparida,” tambah Aida yang didampingi Saparida nara sumber pelatihan yang dulu mengajar Aida menyulam.

Pelatihan menyulam ini dalam sehari cuma menggunakan waktu selama 2 jam, dimulai pukul 14.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB. Walaupun dengan waktu sekitar 12 jam, namun hasil kerja mereka tidak kalah dengan yang telah berpengalaman, padahal ke13 peserta ini belum pernah belajar menyulam sebelumnya. “Ibuk-ibuk nanti ilmunya lanjutkan di rumah dan kami harapkan membentuk kelompok menyulam di RT masing-masing,” pesan Saparida yang juga pandai menyiapkan adat tradisi mandi taman pengantin ini.

Saparida menambahkan selanjutnya akan melanjutkan pelatihan kerajinan tangan dengan memanfaatkan koran bekas.(Jun)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>