Published On: Kam, Nov 2nd, 2017

Warga Minta Jalan Desanya Ada Perhatian Pemkab Bengkalis

Share This
Tags

Bantan SK- Jalan Akit Jaya Desa Kembung Baru Kecamatan Bantan saat ini kondisinya rusak parah. Jalan gambut sepanjang 8 KM itu baru diaspal sektar 3 KM, selebihnya masih dalam bentuk jalan tanah gambut.

Bisa dibayangkan, saat musim panas, kondisi jalan aka berdebu, namun itu jauh lebih bagus ketimbang musim hujan, karena kondisinya akan berlumpur, lembek dan susah dilalui.

Seperti disampaikan tokoh pemuda Kembung Baru, Arifin S.PdI, Kamis (2/11). Katanya, terdapat 200 KK yang tinggal di sepanjang jalan Akit Jaya tersebut. Mendiami masyarakat suku asli di sana berprofesi sebagai petani, terutama berkebun kelapa dan ubi.

“Baru 3 KM yang dibangun, selebihnya jalan tanah gambut. Bisa dibayangkan saat musim hujan tiba, jalan ini berubah seperti kubangan kerbau, berlumpur an suah dilewati. Jangankan mau membawa hasil pertanian, bawa sepeda motor atau sepeda kayuh aja susahnya minta ampun,” ujar Arifin.

Di jalan Akit Jaya tersebut kata Arifin juga ada Sekolah Dasar, yang siswanya 100 persen anak tempatan (suku asli). Pakain yang mereka kenakan terutama sepatu berubah warna menjadi kecoklatan, “Persis seperti warna lumpur gambut,” imbuhnya.

Untuk itu kata Arifin, untuk mempermudah akses masyarakat setempat, baik yang menggunakan jalan sebagai mobilitas sehari-hari, mengeluarkan hasil-hasil pertanian juga sebagai akses anak-anak sekolah, dirinya berharap jalan tersebut segera dibangun.

“Mohonlah kiranya jalan kampung kami ini dibangun, kasian masyarakat, berpuluh tahun mereka berjibaku dengan jalan berlumpur. Begitupun anak-anak sekolah, pakaian yang mereka kenakan kotor berlumpur,” ungkap Arifin lagi.

Kalaupun tidak dicor atau diaspal, kata Arifin, disiram dengan base saja masyarakat sudah sangat bersyukur,” Karena kondisi jaannya bergambut tebal, mungkin untuk sementara disiram tanah base saja dulu. Kalau sudah padat baru diaspal,” sebutnya.(yes

jalan akit jauya berlumpur

jalan akit jauya berlumpur

)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>