Published On: Sel, Jan 5th, 2016

Wisata Hot Spring Sipoholon Masih Primadona

Share This
Tags

SIPOHOLON_SK.com – Libur tahun baru selalu menjadi musim ‘panen’ bagi pengusaha pemandian air panas (hot spring) di Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara.

Mandi air panas yang bersumber dari perut bumi itu masih menjadi bagian agenda liburan warga Kabupaten Tapanuli Utara juga bagi para perantau yang pulang ke kampung halaman.

Tidak lengkap rasanya pulang kampung jika tidak berendam dengan air hangat yang mengandung belerang tersebut. Semua usia turut menikmati mandi dengan air panas nan menyehatkan.

Lebih menarik lagi, kini hampir semua pengusaha air panas menyediakan kolam renang yang bisa dinikmati semua anggota keluarga pengunjung. Dan semuanya dinikmati gratis. Pengunjung cukup membayar minuman atau makanan yang dikonsumsi setelah puas berendam. Tidak dipungut tiket masuk ke lokasi pemandian.
Salah satu kolam pemandian air panas di Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara.

Salah satu kolam pemandian air panas di Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara.

Salah seorang pengusaha pemandian air panas yang disinggahi BatakToday, Amang Situmeang menyebut, puncak kunjungan terjadi sejak jelang natal hingga libur tahun baru.

“Puncaknya libur natal terjadi tanggal 30 Desember kemarin. Untuk tahun baru mungkin sampai 3 Januari,” katanya, Sabtu (2/1).

Situmeang mengatakan, liburan kali ini pengunjung sudah ramai sejak pukul 04.00 WIB hingga 24.00 WIB setiap harinya.

“Terkadang kita yang tidak sanggup menerima, sampai saya suruh ditutup pintu masuk di depan. Alai tong do ro, dang tar tolak (Tapi tetap datang, tak tertolak),” katanya.

Ia mengisahkan, pengunjung selalu membludak saat liburan tahun baru.

Pantauan BatakToday, setiap tempat pemandian penuh dengan pengunjung, bahkan mengakibatkan kemacetan panjang arus lalu lintas di jalan lintasSumatera dari arah Siborongborong menuju Tarutung dan sebaliknya.

Pengunjung kali ini didominasi warga pendatang, ditandai dari plat mobil yang dikendarai saat datang ke lokasi pemandian.

Seorang pengunjung, Boy, warga Kota Medan mengatakan, pulang kampung tak lengkap rasanya jika tidak sempat mandi air panas di Sipoholon.

“Selesai mandi, kita makan telor rebus, lengkap lah,” katanya tertawa kecil.

Tampak sejumlah pengunjung rela mengantre hingga berjam-jam supaya kebagian giliran menggunakan kamar mandi atau kolam yang tersedia. BatakToday

Foto: Kendaraan pengunjung memenuhi pelataran parkir salah satu pemandian air panas di Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (2/1) sore. (bataktoday/afr)

Foto: Kendaraan pengunjung memenuhi pelataran parkir salah satu pemandian air panas di Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (2/1) sore. (bataktoday/afr)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>