Published On: Jum, Apr 14th, 2017

Zapin Koreo Garapan Anak Negeri Bakal Tampil Di TMII

Share This
Tags

Suarakedaulatan.com,BENGKALIS  – Menjulang Zapin, sebuah tari garapan koreografer Khairul

9 penari Menjulang Zapin mendengarkan arahan dari Khairul Anwar sang koreografer dan Abu Zarin sang penata musik saat latihan di Gedung Kesenian Cik Puan Rabu (12/4/2017).

9 penari Menjulang Zapin mendengarkan arahan dari Khairul Anwar sang koreografer dan Abu Zarin sang penata musik saat latihan di Gedung Kesenian Cik Puan Rabu (12/4/2017).

Anwar akan mengikuti parade tari tajaan Dinas Kebudayaan Provinsi Riau pada 16-17 April mendatang.

Selain diperlombakan di tingkat provinsi, tari garapan Khairul alumni Akademi Kesenian Melayu Riau (AKMR) 2008 yang mengisahkan tentang kecintaan anak-anak laut di Kampong Meskom kepada Zapin ini juga akan tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta dalam rangka ulang tahunnya.

“Proses latihan tari Menjulang Zapin ini agak terlambat karena terlambatnya edaran yang sampai ke Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis. Jadi baru sekitar 2 minggu anak-anak latihan, itupun tidak full karena penari-penari ini adalah gabungan anak-anak kita dari Desa Muntai Kecamatan Bantan, serta Desa Palkun dan Meskom Kecamatan Bengkalis,” ungkap konseptor garapan Musrial Mustafa kepada media ini Rabu (12/4/2017) sore menjelang Magrib.

Tim Menjulang Zapin digesa dalam latihan namun tidak tergesa-gesa, sebab persiapan tim dalam mengikuti kedua iven ini masih punya tenggang waktu beberapa hari kedepannya.

Menjelang keberangkatan tim Menjulang Zapin yang berdurasi sekitar 6 menit 30 detik pada Minggu (16/4/2017) pagi menuju Pekanbaru ini, mereka rutin latihan tiap sore pukul 15.00 WIB-18.00 WIB. Latihan terakhir mereka pada Sabtu malam Minggu saat gladi bersih.

“Kendala yang kami hadapi adalah jauhnya domisili sembilan orang penari tadi. Kemudian penari kita ini masih sekolah, dan ada yang tengah menghadapi Ujian Nasional. Selain itu masalah transportasi, dan kendala cuaca hujan,” tambah Musrial Mustafa sang pencipta lagu Negeri Junjungan ini.

Hingga Rabu (12/4) kemarin, menurut Musrial Mustafa persiapan timnya sekitar 70%. “Tari Menjulang Zapin baru lima kali latihan diiringi musik garapan Abu Zarin yang juga alumni AKMR tahun 2008 dengan 7 pemusiknya. “Menang maupun kalah tarian Menjulang Zapin tetap akan mengisi acara di TMII pada Kamis (20/4/2017) nantinya,” terang Musrial pula.

Parade tari ini akan digelar di Anjung Seni Idrus Tintin. “Selasa (18/4) 35 orang tim Menjulang Zapin akan berangkat dari Pekanbaru menuju Jakarta bergabung dengan tim Provinsi Riau yang berjumlah sekitar seratusan orang karena akan ada pawai budaya,” tambahnya lagi.

“Kami mengharapkan do’a restu dari masyarakat Bengkalis mudah-mudahan anak-anak kita berjaya dan sukses selalu di penampilannya nanti,” ungkap Musrial penuh harap.

“Tak ada kendala karena kami Ujian Nasional pukul sembilan pagi dan pulangnya pukul satu siang, sedangkan latihan baru dimulai pukul tiga sore. Saya cukup bersyukur bisa bergabung di tim ini,” ungkap M Nurhafis pelajar kelas III SMA yang masik mengikuti UN dengan bangga.(Jun)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>